Tekan Beban Sampah di TPA Cipayung, Wakil Wali Kota Depok Minta Dibentuk Bank Sampah

DEPOKWakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau yang akrab disapa IBH berharap di Kecamatan Cinere didirikan satu bank sampah.

Pasalnya menurut dia, bank sampah dapat memberikan banyak sisi positif bagi warga setempat utamanya untuk mengurangi pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

“Setiap RW yang ada di Kecamatan Cinere memiliki minimal satu bank sampah. Hal ini agar dapat mengurangi sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung,” kata IBH, Senin (28/3).

Dia mengatakan, apabila semua warga melakukan pemilahan sampah, maka sampah rumah tangga akan berkurang.

Di samping itu, pihaknya menyebut, keberadaan bank sampah sangat penting. Tidak hanya sebagai tempat penampungan sampah tetapi juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

“Bank sampah ini penting banget bagi kita karena bisa mengubah sampah yang awalnya musibah menjadi berkah, bisa diubah menjadi uang,” ujarnya.

Pihaknya menilai bahwa pemilahan sampah juga termasuk dalam peran Rahmatan Lil Alamin, karena dapat membawa kebaikan.

“Bukan hanya kepada umat manusia tetapi juga bagi lingkungan dan juga makhluk hidup yang lainnya. Dengan melakukan pemilahan sampah ini kita sudah menjaga alam, lingkungan menjadi bersih,” ungkap dia.

Dirinya menambahkan, sampah yang dihasilkan rumah tangga bisa diolah menjadi hal yang berguna. Dia mencontohkan, sampah plastik dapat didaur ulang menjadi barang serbaguna, sampah organik bisa diubah menjadi pupuk dan maggot atau belatung untuk pakan ternak.

“Pupuk bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman. Sedangkan maggot atau belatung bisa dipakai sebagai pangan hewan ternak seperti ayam dan lele,” pungkasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan