Tidur dapat Menurunkan Berat Badan, Bagaimana Caranya?

JABAR EKSPRES- Taukah anda jika tidur merupakan salah satu cara menurunkan berat badan selain menjaga pola makan dan berolahraga? Berikut 4 kebiasaan yang  dapat meningkatkan kulitas tidur sehingga mampu menurunkan berat badan.

Banyak orang yang ingin menurunkan timbangan. Sudah ada banyak perdebatan tentang makanan mana yang harus dimakan dan olahraga apa yang harus dilakukan untuk menghilangkannya.

Namun, tahukah Anda bahwa tidur Anda, cara istirahat yang paling alami dan sederhana, dapat membantu Anda menurunkan berat badan? Tidur bisa sama pentingnya dengan olahraga dan nutrisi dalam hal menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah 4 kebiasaan yang  dapat meningkatkan kulitas tidur sehingga mampu menurunkan berat badan yang dikutip dari laman pinkvilla.

  1. Batasi kafein

Kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama 6 sampai 9 jam setelah dikonsumsi. Ini bisa membuat sulit tidur bagi orang yang sensitif terhadap kafein.

Meskipun tampaknya tidak mencegah Anda tertidur, memiliki sisa-sisa stimulan di sistem Anda dapat mengurangi jumlah tidur nyenyak yang Anda dapatkan.

  1. Batasi jumlah alkohol yang Anda minum di malam hari

Karena alkohol adalah obat penenang, alkohol dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. Namun, karena kemungkinan besar Anda akan tertidur lelap dengan cepat, hal itu dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan dan menurunkan kualitas tidur Anda secara keseluruhan. Akibatnya, Anda cenderung tidur lebih sedikit dan mengalami lebih banyak gangguan tidur.

Baca juga:  Rosulullah Menganjurkan Mematikan Lampu saat Tidur, Ternyata ini Manfaatnya

  1. Perhatikan jam makan yang ketat

Bahkan jika Anda makan lebih banyak di siang hari, puasa malam hari alias menutup dapur lebih awal dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih banyak.

Makan larut malam dapat mengganggu tidur Anda, kemungkinan besar dengan menghambat pelepasan alami melatonin, yang memainkan peran penting dalam mengatur siklus tidur-bangun alami Anda.

Baca juga: 10 Tips Mengatasi Insomnia, Perbaiki Masalah Tidurmu!

  1. Jauhi gadget

Anda mungkin tidak mengerti alasannya, tetapi radiasi yang dipancarkan oleh layar ponsel dan perangkat elektronik lainnya berbahaya bagi kesehatan Anda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan