Ketua MK Bakal Nikahi Adik Jokowi, Ini Kekhawatiran ICJR

Jabarekspres.com – Ketua MK (Mahkamah Konstitusi) Anwar Usman dikabarkan bakal menikahi adik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati dalam waktu dekat.

Sejumlah pihak pun mulai beramai-ramai mengutarakan pendapatnya atas kabar rencana pernikahan Ketua MK Anwar Usman dengan adik Presiden Jokowi, Idayati itu.

Penelusuran Jabarekspres.com pada Selasa 22 Maret 2022 siang di lini massa Twitter cuitan soal Ketua MK bahkan sempat jadi trending topik. Lebih dari 8.000 cuitan nampak menyoal pernikahan Usman Anwar.

Selain menyoroti pernikahan yang disebut-sebut akan segera berlangsung, di jagat maya netizen pun menyinggung mengenai harta kekayaan Usman Anwar yang melejit dalam kurun waktu cukup singkat.

Salah satu yang turut memberikan penilaian atas rencana pernikahan Ketua MK itu diungkapkan Direktur Eksekutif Institute of Criminal Justice Reform (ICJR) Erasmus Napitupulu.

Melalui akun Twitter pribadinya @erasmus70, Direktur Eksekutif ICJR itu khawatir dengan adanya pernikahan Ketua MK dengan adik Jokowi muncul conflict of interest.

“Hakim harusnya tak menyidangkan kasus yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan, salah satu yg utama adalah hubungan keluarga,” ucap Erasmus Napitupulu.

“Pertanyaannya, bagaimana mempertimbangkan konflik itu dalam kasus-kasus di MK? (usai Ketuanya menikah dengan adik Jokowi, red),” katanya menambahkan.

“Baiknya Pak Ketua MK mundur dari jabatannya,” ujar Direktur Eksekutif ICJR itu di akhir unggahannya.

Sementara itu melansir JPNN.com, Adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati segera melangsungkan akad nikah dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Pada Sabtu (12/3/2022) lalu, berbarengan dengan agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Solo, keduanya telah melangsungkan prosesi lamaran.

Kabar tentang adanya prosesi lamaran tersebut pun dibenarkan oleh putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, di komplek Balai Surakarta, Senin (21/3/2022) kemarin.

“Iya, 12 Maret kemarin lamarannya,” ucap Gibran Rakabuming Raka.

Meskipun demikian, Wali Kota Surakarta itu tidak mengetahui pasti tanggal prosesi akad nikah dan resepsi buleknya itu.

“Tanggalnya saya tidak tahu, tanya yang bersangkutan ya,” kata dia singkat.

Mengenai informasi soal lokasi akad nikah dan resepsi, Putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku tidak mengetahuinya secara pasti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan