Pembangunan IKN Diawali Rehabilitasi Hutan, Tegas Jokowi

Editor:

“Kami harapkan dengan penanaman kembali, habitat yang ada akan kembali seperti semula dan suasana di IKN Nusantara nanti betul-betul seperti yang sudah kita rencanakan yaitu kota hutan,” ujarnya.

Jokowi juga mengatakan bahwa Persemaian Mentawir yang menghasilkan jutaan bibit itu akan ditempatkan di lahan-lahan penting yang berada di kawasan IKN.

“Penanaman akan dilakukan di sela-sela tanaman  eukaliptus yang ada di sana. Sehingga saat eukaliptusnya ditebang, pohon meranti, kapur, nyatoh, gaharu, bangkirai, jambu-jambu yang disemai sudah tinggi,” katanya.

Siti Nurbaya dalam acara itu juga ikut menjelaskan bahwa Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik sedang melakukan pembangunan persemaian Mentawir seluas 120 hektare dengan area persemaian dan bangunan 32,5 hektare di kawasan kritis IKN.

“Bapak Presiden meminta dari 256 ribu hektar areal seluruh daerah otorita IKN, 70% adalah tutupan alam dan pepohonan, sekarang baru ada 42% sehingga harus ditambahkan 28% lagi untuk bisa hijau semuanya,” Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan.

“Diperkirakan untuk tercapai 70% atau sekitar 80 ribu ha, akan selesai tertanam dalam waktu 2 -3 tahun, dan akan kelihatan hasilnya dalam 4-5 tahun. Sehingga konsep IKN sebagai Green City akan betul-betul terlihat,” tambahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.