Coba Yuk Racik Madu Campur Jahe Hingga Serai, Ini Manfaatnya

3. Serai
Serai kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng, dan zat besi, serta minyak esensial yang mampu mengaktifkan limfosit T dan B yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

4. Temulawak
Temulawak berfungsi sebagai antioksidan dan agen anti-inflamasi, imunomodulator dengan meningkatkan respon sel T untuk pertahanan seluler dan sel B untuk produksi antibodi, dan meningkatkan kemampuan penangkal radikal bebas.

Cara Minum:
1. Meracik ramuan herbal didahului mencuci bahan-bahannya hingga bersih dalam air mengalir.
2. Jahe sebanyak 20 gram dan Temulawak sebanyak 10 gram, diiris-iris; serta 1 batang serai cukup digeprek; kemudian dimasukkan ke dalam 300 ml air mendidih; lalu rebus selama 10 menit dalam kuali tanah liat atau panci kaca atau panci stainless steel. Setelah kompor dimatikan, diamkan 5 menit agar berkurang panasnya, lalu saring dan tuang ke dalam gelas. Kemudian tambahkan 10 ml madu dan berikan perasan 1 buah jeruk nipis, aduk hingga merata.
3. Waktu terbaik mengonsumsinya adalah sebelum makan agar penyerapannya lebih baik, pada pagi hari dan sore hari. (jawapos/ran)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan