Komnas Ham Miliki Bukti Video Penyiksaan Penghuni Kerangkeng Manusia Bupati Langkat

JAKARTA – Dugaan adanya penyiksaan yang terjadi terhadap para penghuni kerangkeng milik Bupati Langkat, Sumatera Utara, nonaktif Terbit Rencana Perangin Angin, perlahan-lahan mulai terkuak.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyatakan telah memiliki bukti sebuah video berisi pengakuan mantan penghuni kerangkeng tersebut.

Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam, mengungkapkan telah mendapatkan video tersebut dari perekamnya langsung.

“Video ini kami dapatkan langsung dari perekamnya dan belum pernah beredar,” ujarnya, di Jakarta, Rabu.

Dari tayangan video tersebut, terlihat ada empat orang penghuni yang sedang berada di dalam kerangkeng. dan ada satu orang yang sedang berinteraksi dengan perekam, bernama Faisal.

Perekam video yang tidak diketahui identitasnya itu menanyakan beberapa hal kepada Faisal.

Dari rekaman video tersebut terlihat jelas wajah Faisal mengalami luka memar terutama di bagian mata dan pelipis mata.

Faisal yang mengenakan kaus oblong abu-abu dengan kepala plontos tersebut mengaku baru mendekam semalam namun sudah mendapat penyiksaan.

Dari pengakuan para penghuni yang diwawancarai perekam, diketahui satu kerangkeng tersebut dihuni 32 orang.

Faisal dan rekan-rekannya mengatakan 26 penghuni lainnya pada saat itu sedang bekerja. Sementara, empat penghuni tersebut sedang sakit sehingga tidak bekerja.

Mohammad Choirul Anam mengatakan sejak awal Komnas HAM telah menduga ada penyiksaan, kekerasan, dan perampasan hak di kerangkeng manusia milik Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Perangin Angin.

Pada awalnya, Komnas HAM hanya mendapatkan sebuah foto tentang gambaran suasana kerangkeng yang dihuni dua orang serta satu video berdurasi sekitar lima detik namun tanpa suara.

“Sejak awal kami menyakini adanya penyiksaan, kekerasan, dan perbuatan merendahkan harkat martabat manusia,” kata Anam (ant/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan