Kapal Kargo Pengangkut 4.000 Mobil Mewah Tenggelam

Jabarekspres.com – Kapal kargo besar yang berlayar dari Jerman menuju AS sebelumnya terbakar 13 hari yang lalu. Dan kini, Kargo pengangkut 4.000 mobil mewah tenggelam di Samudra Atlantik. Pihak manajer kapal dan angkatan laut Portugis memberi konfirmasi pada Selasa bahwa Felicity Ace tenggelam sekitar 400 kilometer dari Azores.

Di lansir euronews.com, Angkatan Udara Portugis telah mengevakuasi 22 awak kapal sebelum kapal hanyut selama beberapa hari. Kapal tersebut di kabarkan membawa sekitar 4.000 mobil mewah buatan grup Volkswagen termasuk mobil Porsche dan Bentley.

Dalam kapal tersebut ada sekitar 189 mobil Bentley, serta sekitar 1.100 model mobil Porsche. Kapal kargo pengangkut 4.000 mobil mewah berbendera Panama tersebut sebelumnya akan di tarik. Namun jatuh karena masalah struktur yang di sebabkan oleh kebakaran dan ganasnya gelombang laut.

Menurut Kapten Pelabuhan Joao Mendes Cabecas di Pulau Faial mengatakan: “Ketika penarikan di mulai, air mulai masuk.”

“Kapal kehilangan stabilitas dan tenggelam.” Ujarnya menambahkan, di lansir dari news.sky.com.

Penyebab dari kebakaran masih dalam penyelidikan. Namun pihak berwenang Portugis menduga di sebabkan oleh baterai lithium yang di gunakan dalam kendaraan listrik. Angkatan Laut Portugis mengatakan bahwa tenggelamnya Felicity Ace berada di luar perairan Portugis.

Ada ke-khawatiran terkait tenggelamnya kapal tersebut dapat mencemari lingkungan mengingat kapal Felicity Ace membawa 2.000 metrik ton bahan bakar minyak. Cabecas sendiri mengatakan belum ada tanda-tanda kebocoran minyak namun khawatir tangki bahan bakar bisa rusak.

Kapal itu saat ini berada di kedalaman sekitar 3.700 m (2,17 mil) di dasar Atlantik. Pihak Volkswagen sebelumnya mengatakan kerusakan pada kendaraan akan di tanggung oleh pihak asuransi. Nilai dari kerusakan dan kehilangan tersebut berkisar $ 155 juta atau setara dengan sekitar Rp 2 triliun.

Saat ini pun, Angkatan Udara Portugis dan kapal Angkatan Laut Portugis akan tetap berada di lokasi untuk mencari tanda-tanda kebocoran minyak yang di takutkan akan berakibat polusi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan