Telepon Putin, Akhirnya Xi Jinping Turun Tangan

Editor:

Xi juga mengatakan bahwa China mendukung Rusia dalam menyelesaikan masalah tersebut melalui perundingan dengan Ukraina. Presiden Putin pun menyatakan kesediaan Rusia untuk melakukan perundingan yang sangat terbuka dengan Rusia.

Sebelumnya China memang sudah menyatakan sikapnya lewat jubir Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin.

”China telah secara aktif mempromosikan penyelesaian politik masalah Ukraina dan menekankan semua pihak terkait harus mematuhi arahan umum penyelesaian politik. China akan terus melakukan upayanya sendiri untuk mempromosikan penyelesaian politik masalah Ukraina,” ungkapnya.

Seorang asisten peneliti dari Pusat Studi Rusia di Universitas Normal China Timur Cui Heng mengomentari percakapan antara Presiden Xi dan Presiden Putin dalam panggilan telepon itu.

“Pembicaraan Xi, yang menekankan penyelesaian damai melalui perundingan, sekali lagi menunjukkan pada dunia bahwa China adalah kekuatan besar yang bertanggung jawab dan berkontribusi untuk meredakan krisis,” katanya kepada Global Times.

Namun, krisis Ukraina sampai sekarang belum juga reda. Pertempuran militer Rusia dan Ukraina dikabarkan masih terjadi dalam skala masif di wilayah Kyiv, Bila Tserkva, Shulyavka Kyiv, Vasylkiv, dilansir dari The Kyiv Independent, Sabtu (26/02/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.