Korinbang Usulkan H.B. Jassin sebagai Pahlawan Nasional

Jabarekspres.com – Rachmat Gobel memberi usulan agar H.B. Jassin menjadi pahlawan nasional dalam seminar Nasional ‘Aspirasi Pahlawan Nasional H.B. Jassin 1917-2000’ di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan itu menyebut bahwa H.B. Jassin merupakan tokoh yang mempunyai peran besar dalam membangun nilai-nilai budaya bangsa Indonesia lewat kesusastraan.

Menurut politisi Partai NasDem itu gelar kepahlawanan sudah seharusnya diberikan kepada H.B. Jassin lantaran ia merupakan pelaku sejarah yang berkontribusi besar dalam membangun budaya Indonesia khususnya di bidang sastra.

“Saya sendiri sebagai generasi penerus, tentu ingin sekali memberikan dorongan gelar kepahlawanan ini kepada almarhum (H.B. Jassin), bukan hanya sebagai pahlawan, tapi jauh daripada itu adalah bagaimana nanti mengajak masyarakat tentang bagaimana sastra Indonesia kita ini yang sangat luar biasa sebetulnya,” ungkap Gobel, dilansir dari laman dpr.go.id, Rabu (23/02/2022).

Ia juga mengomentari sikap generasi muda Indonesia sekarang yang ia nilai cenderung tidak lagi mengindahkan budaya bangsa Indonesia.

“Kita lihat aja paling gampang misalnya Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia saja kita sekarang banyak yang udah disingkat-singkat banyak orang mencampurkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dari situ kita bisa lihat. Bagaimana kita berbicara tentang NKRI secara utuh kalau dari nilai-nilai budaya kita juga sudah mulai agak meluntur,” keluhnya.

Ia tidak hanya mengusulkan “gatekeeper” sastra Indonesia itu dalam upaya mengingatkan keluhuran budaya Indonesia, namun juga berupaya mendorong kawula muda Indonesia untuk melestarikan budaya Indonesia lewat pelaku sejarah terkemuka itu.

Bahkan legislator dapil Gorontalo itu tidak mau berhenti sampai di situ. Ia juga berencana membuat penghargaan bagi kalangan penyair atau penulis yang mempunyai semangat meneruskan pemikiran-pemikiran atau nilai-nilai yang telah H.B. Jassin sebarkan.

“Kita kan juga tidak stop sampai di gelar pahlawan yang diberikan tapi kita akan buat bersama-sama dengan kawan-kawan tadi seperti dikatakan, saya akan mencoba membuat ada ‘Jassin Award’ untuk para kritikus-kritikus untuk membangun khazanah maupun semangat para sastrawan kita semua sehingga kita harus melestarikan nilai-nilai yang sudah dibangun yang sudah dibuat almarhum sendiri,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan