Penyakit Ini Mengintai Anda Jika Tidur Berlebihan

JAKARTA – Terkadang beberapa orang memilih tidur berlebihan untuk mengganti waktu tidur mereka yang hilang. Hal tersebut bisa menyebabkan beberapa penyakit.

Seperti dikutip laman Webmd, berikut beberapa penyakit yang dapat mengintai jika tidur secara berlebihan.

1. Diabetes

Penelitian telah menunjukkan tidur berlebihan atau tidak cukup setiap malam bisa meningkatkan risiko diabetes.

2. Obesitas

Tidur berlebihan atau terlalu sedikit juga bisa membuat Anda kelebihan berat badan. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan orang yang tidur selama sembilan atau 10 jam setiap malam, 21 persen lebih mungkin menjadi gemuk selama periode enam tahun dibandingkan orang-orang yang tidur antara tujuh dan delapan jam.

Hubungan antara tidur dan obesitas ini tetap sama, bahkan ketika asupan makanan dan olahraga diperhitungkan.

3. Sakit kepala

Bagi sebagian orang yang rentan terhadap sakit kepala, tidur lebih lama dari biasanya di akhir pekan atau liburan bisa menyebabkan sakit kepala.

Orang yang tidur terlalu banyak selama periode tidur siang hari dan mengganggu tidur malam mereka mungkin juga mendapati diri mereka menderita sakit kepala di pagi hari.

4. Sakit punggung

Ada saat ketika dokter memberi tahu orang yang menderita sakit punggung untuk langsung tidur. Namun, hari-hari itu sudah lama berlalu. Anda bahkan mungkin tidak perlu membatasi program olahraga rutin saat mengalami sakit punggung.

5. Depresi

Meskipun insomnia lebih sering dikaitkan dengan depresi daripada tidur berlebihan, sekitar 15 persen orang disebabkan karena depresi.

Hal ini bisa memperburuk depresi mereka. Itu karena kebiasaan tidur yang teratur penting untuk proses pemulihan.

6. Penyakit jantung

Analisis dari The Nurses’ Health Study yang melibatkan hampir 72.000 wanita menunjukkan wanita yang tidur sembilan hingga 11 jam per malam memiliki kemungkinan 38 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dibandingkan wanita yang tidur delapan jam.

Para peneliti belum mengidentifikasi alasan hubungan antara tidur berlebihan dan penyakit jantung. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan