FIDE dan National Master Ramaikan Super Chess Community Cup 2022

BANDUNG — Dua FIDE Master, satu Woman FIDE Master, dan tiga National Master ikut meramaikan laga Turnamen catur bertajuk Super Chess Community Cup 2022.

Turnamen yang digelar komunitas Wartawan Peliput Event Djarum (Waped Community) itu diikuti 66 peserta.

Acara yang berlangsung di Hotel Salon Fora & Cafe Jalan Gegerkalong Hilir No. 6 Bandung, Sabtu, 29 Januari 2022 tersebut dibuka langsung oleh pembina catur Kota Bandung Brigjen Purn. Alex Walnadi. Tak hanya membuka acara, pada kesempatan itu, Alex juga ikut meramaikan dengan menjadi peserta turnamen.

 

Dalam sambutannya, Alex mengapresiasi penyelenggara turnamen yang dinilai sudah memberikan kesempatan kepada para pecatur untuk mengasah kemampuan dan mental bertanding.

“Para peserta pasti selalu berlatih di komunitas masing-masing. Turnamen ini bagus sebagai ajang untuk menguji hasil latihan selama ini,” ujarnya.

Menurutnya, Super Chess Community Cup 2022 ini bisa menjadi salah satu tempat pemanasan bagi pecatur yang akan bertanding di turnamen yang lebih besar.

“Saya harap semua peserta tetap menjunjung tinggi sportifitas. Jangan ada yang coba main mata,” ujarnya, mengingatkan.

Selain membuka acara dan menjadi peserta, Alex juga memberi motivasi peserta dengan memberikan kadeudeuh (bonus) kepada peserta yang bisa meraih poin sempurna atau selalu menang pada tujuh babak pertandingan.

“Saya juga menyediakan bonus bagi mereka yang masuk lima besar dan 10 besar,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua panitia turnamen H. Soleh Subary, menjelaskan, Selain untuk mengisi kekosongan turnamen catur di awal tahun, Waped Community menggelar Super Chess Community Cup 2022 ini sebagai ajang pencarian bibit-bibit pecatur di Kota Bandung dan sekitarnya.

“Kami berharap dari turnamen ini muncul bibit-bibit pecatur potensial yang selama ini belum tergali karena berbagai kesibukan, kerja dan tugas,” ujar H. Soleh yang juga koordinator Waped Community.

Turnamen ini memang menarik minat banyak peserta, termasuk mereka yang sudah menyandang FIDE Master dan National Master.

Selain para master catur, dalam turnamen yang memainkan system Swiss 7 Babak G 10 Menit + 3 Detik ini dihadirkan pula dua wasit catur bertitel wasit nasional (WN), Syamsul Ma’arif (WN) dan Kusaeri (WNP) untuk memipin pertandingan.