oleh

BPBD Kabupaten Bandung Minta Warga yang Tinggal di Bawah Bukit Waspada Longsor

SOREANG – Plt Kepala pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bandung  Akhmad Djohara mengingatkan, beberapa lahan pertanian yang berada pada kemiringan sangat berbahaya dan rawan terjadi longsor.

Djohara mengakui, menurut evaluasi BPBD Kabupaten Bandung banyak lahan pertanian di wilayah Kabupaten Bandung berada pada kemiringan yang curam. Sehingga sangat riskan terjadi longsor.

Menurutnya, alih fungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian sayuran menjadi sangat berbahaya jika terjadi insensitas hujan yang tinggi. Hal ini telah menjadi perhatian serius BPBD Kabupaten Bandung.

Baca Juga:  Korban Longsor Sumedang Belum Direlokasi, Hunian Sementara Menunggak 2 Bulan

Seperti halnya kejadian lonsor di kebun kentang milik warga. Menurutnya kontur tanah di kemiringan yang cukup curam ditambah lahan tersebut hanya ditanami sayuran kentang.

‘’Lokasi longsoran perbatasan dengan Garut, kemiringan tanahnya sangat luar biasa,’’kata Djohara ketika dihubungi Jabarekspres.com, Minggu, (15/1).

Dia mengatakan, di kawasan perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut kondis topografi wilayah merupakan kawasan pegunungan.

Jika melintas ke wilayah itu banyak sekali terdapat jurang-juran dengan kontur bebatuan yang nampaknya sangat labil dan mudah longsor.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.