Dapat Program Rutilahu, Sebanyak 40 KK Warga Desa Cimanggung Panjatkan Puji Syukur

SUMEDANG – Warga Desa Cimanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang mendapat bantuan program rumah tidak layak huni (rutilahu).

Adanya program rutilahu yang diberikan kepada sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK) Desa Cimanggung bukan sekadar menjadi udara segar, namun membuat mereka merasa senang dan sangat terbantu.

Bagaimana tidak, hunian yang mereka tinggali sebelumnya dapat dikatakan kurang nyaman.

Akan tetapi, kini setelah 40 KK di Desa Cimanggung tersebut mendapatkan bantuan program rutilahu, mereka bisa tinggal lebih nyaman dari rumah yang sebelumnya.

Diketahui, program rutilahu yang diterima warga Desa Cimanggung itu dana per satu unit rumahnya sebesar Rp17 juta 500 ribu rupiah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Cimanggung, Yayat Hidayat. Dia berujar, program rutilahu yang diberikan kepada warganya itu sudah dapat dinikmati alias hunian telah selesai direnovasi.

“Pengerjaan rutilahu ini sudah rampung dan masyarakat sudah bisa merasakan manfaatnya,” kata Yayat kepada Jabar Ekspres pada Sabtu (15/1).

Yayat menjelaskan, programrutilahu yang diberikan kepada warganya sebanyak 40 KK itu merupakan bantuan dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

“Rutilahunya merupakan bantuan dari (Pemerintah) Provinsi (Jabar), dan dalam pelaksanaannya oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD),” pungkas Yayat.

“Kami hanya mendampingi saja agar pelaksanaanya sesuai dengan harapan,” tambahnya.

Yayat menerangkan, dalam pelaksanaa program rutilahu tersebut, dana yang masuk dari Pemprov Jabar ke LPMD tak berupa nominal uang, melainkan langsung ke toko bahan bangunan yang telah ditunjuk dan disepakati oleh dua belah pihak.

“Untuk target tahun 2023 dengan total 150 rutilahu diharapkan bisa terselesaikan pembangunanya,” imbuh Yayat.

Dalam pemaparannya, Yayat menuturkan, walaupun anggaran bantuan rutilahu sudah ditentukan, namun pemilik rumah bisa melakukan penambahan ruangan dengan syarat menggunakan anggaran pribadi.

“Alhamdulillah dengan semangat gotong-royong sampai saat ini tidak ada kendala,” ucapnya.

“Mudah-mudahan tahun 2023 nanti, target sampai 150rutilahu bisa terselesaikan. Sekarang sudah 40 selesai, tinggal sisanya,” tambah Yayat.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi pada area Kampung Patambon, Desa Cimanggung, terlihat para warga yang mendapat program rutilahu dikumpulkan untuk diberikan ucapan selamat sekaligus syukuran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan