Airlangga Hartarto Apresiasi Inovasi Kreatif Wayang Youth Festival

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sangat mengapresiasi Inovasi Kreatif untuk membangkitkan industri kreatif Indonesia dalam bentuk pagelaran  Wayang Youth Festival

Menko Airlangga menilai, pagelaran Wayang Kulit Youth Festival merupakan inovasi yang diharapkan bisa membangkitkan industri kreatif sekaligus mencintai budaya bangsa Indonesia.

“”Saya sangat mengapresiasi sekali acara Wayang Youth Festival untuk membangkitkan industri kreatif Indonesia yang sekaligus menanamkan kebanggaan bagi anak muda kita untuk menciptakan karya yang memiliki nafas, identitas, dan budaya asli Indonesia sehingga kita tampil berbeda dari konten luar negeri,” tutur Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Sabtu, (14/1).

Menurutnya, Wayang Kulit Indonesia merupakan identitas budaya. Keberadaanya sudah diakui UNESCO. Sehingga harus dilestarikan oleh generasi muda.

Airlangga Hartarto memaparkan, berbagai keunggulan industri kreatif harus ditonjolkan dan ditawarkan. Terlebih Industri kreatif merupakan peluang bagi anak-anak bangsa.

Menko meyakini bahwa generasi muda sekarang ini banyak sekali membuat konten-konten kreatif yang memberikan manfaat ekonomi.

Namun, pada pelaksanaannya, Menko Airlangga berpesan jangan meninggalkan budaya leluhur sebagai identitas bangsa Indonesia.

“Kita harus dapat menghadapi krisis identitas dan budaya akibat masifnya konten tayangan budaya luar yang masih mendominasi di Indonesia,’’katanya.

Pemerintah akan terus mendukung pertumbuhan industri kreatif dan menjadikan Industri Kreatif sebagai salah satu sektor yang bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Untuk itu, sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah, saat ini pemerintah banyak mengeluarkan berbagai program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di antaranya Kartu Prakerja, Digital Talent Scholarship, dan Gerakan Nasional Literasi Digital.

Selain itu, Pemerintah juga terus mendorong program infrastruktur digital di antaranya pembangunan jaringan fiber optik Palapa Ring, Menara BTS dan jaringan internet di daerah 3T dan lainnya.

Menko Airlangga berharap program Wayang Youth Festival ini bisa terus dilanjutkan dalam bentuk inkubasi untuk memberikan pendampingan, pelatihan, dan pembiayaan

‘’Bagi para pelaku industri kreatif lokal harus mampu menghasilkan karya asli Indonesia yang menarik mata dunia,” pungkas Menko Airlangga Hartarto. (frh/fsr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan