Mandalika Siap Bulan Depan Sambut MotoGP 2022

MOTOGP 2022 bakal dimulai pada bulan depan, Februari. Rangkaian event ini bakal diawali dengan tes pramusim pada 11-13 Februari 2022.

Dalam rangka memeriksa kesiapapan secara langsung, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sidak ke Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (13/1) kemarin.

Memeriksa kesiapan menyambut MotoGP 2022, ajang balap kelas dunia itu.

Perhatian presiden

Mulai Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), bypass menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, homestay, hingga kesiapan akomodasi dan transportasi. Seluruh aspek dan fasilitas tersebut mendapat perhatian presiden.

’’Saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di dalam bandara,” ujar Jokowi dilansir dari Jawa Pos.

Setiba di Lombok Tengah, Jokowi meninjau kesiapan BIZAM, baik di terminal domestik maupun internasional. Bandara itu akan menjadi akses masuk bagi penonton dan peserta MotoGP Mandalika 2022.

Beberapa fasilitas yang mendapat perhatiannya, antara lain, pos pemeriksaan suhu dan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai.

Selanjutnya, kesiapan infrastruktur akses transportasi darat. Terutama jalan bypass dari bandara menuju Mandalika.

Dilansir dari Lombok Post, Jokowi mengecek bypass BIZAM-KEK Mandalika sepanjang 17,34 kilometer dengan menggunakan sepeda motor. Perjalanan dari bandara dimulai pukul 10.55 Wita.

Turut mendampingi presiden, antara lain, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Juga ada Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Bupati Lombok Tengah H.L. Pathul Bahri, dan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto.

Di sepanjang bypass, Jokowi merasa puas dengan tata letak dan lanskapnya.

Setiap median jalan dipercantik dan diperindah dengan bunga-bunga. ”Saya harapkan dari airport menuju ke Mandalika, ke Sirkuit Mandalika, itu betul-betul tamu diantarkan pada keindahan, pada estetika yang baik,” katanya.

Tepat pukul 11.20 Wita, rombongan presiden tiba di Bundaran Songgong di Dusun Songgong, Desa Sukadana. Jokowi melihat penataan taman.

Infrastruktur untuk sarana hunian pariwisata (sarhunta) berupa homestay yang berlokasi di Dusun Gerupuk, Desa Sengkol, tidak luput diperiksa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan