Ibu Kota Baru Akan Diimplementasikan di Dunia Metaverse

JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan, pemerintah akan mengimplementasikan rancangan ibu kota negara (IKN) baru dalam dunia metaverse atau dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling berhubungan.

”Kita kemarin sudah luar biasa heboh dengan hologram tapi sekarang sudah ada dan kami sedang mempersiapkan IKN (Ibu Kota Negara Baru) bentuk metaverse,” kata Suharso seperti dilansir dari Antara di Jakarta.

Suharso menyatakan, metaverse muncul sebagai dampak dari kemajuan teknologi. Sehingga, implementasi IKN dalam dunia metaverse akan membantu pemerintah untuk memperkenalkan IKN baru secara lebih jelas.

Dia menuturkan, saat ini telah ada tim yang menyusun metaverse untuk IKN baru yang ditargetkan selesai dalam empat bulan ke depan. Sehingga, masyarakat bisa mengenal lebih dekat desain, konsep, dan rancangan IKN.

”Mudah-mudahan dalam empat bulan kami di Bappenas bisa menunjukkan kira-kira IKN kalau jadi seperti ini. Jadi bukan lagi dalam bentuk maket dan hologram,” terang Suharso.

Dia menambahkan, implementasi IKN juga dilakukan mengingat pengalaman Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia memiliki masterplan yang hebat. Namun, seiring perkembangan ternyata semakin tidak terarah.

”Jakarta dan kota-kota lain memiliki masterplan begitu luar biasa hebat tapi seiring perkembangan makin di luar jalur masterplan. Jadi urban arsitektur itu penting. Kita ingin kota cantik, indah, dan jelas judulnya bukan kota tanpa judul,” papar Suharso. (jawapos-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan