Evakuasi Longsor Cibugel Sumedang Dilakukan, Pengguna Jalan Diarahkan ke Jalur Alternatif

SUMEDANG – Peristiwa longsor yang menerjang wilayah Desa Buana Mekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang saat ini masih dalam proses evakuasi material tanah.

Guna melancarkan proses evakuasi material tanah, batu serta pohon akibat longsor di Cibugel, petugas gabungan ditempatkan di lokasi untuk pengamanan jalur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolsek Cibugel, Iptu Ucu Abdurahman. Dia berujar, pengamanan proses evakuasi longsor di Cibugel dilakukan oleh berbagai unsur .

“Dalam pengamanan ini ada petugas gabungan yakni Dishub, Satpol PP, anggota Polsek Cibugel, BPBD serta relawan,” kata Ucu melalui panggilan telepon, Jumat (14/1).

Diketahui, lokasi pergeseran tanah yang menerjang hingga menutupi jalan itu merupakan akses penghubung Desa Buana Mekar, Kecamatan Cibugel dengan Sela Awi, Limbangan, Garut.

Karenanya, untuk sementara waktu akses jalan penghubung Cibugel, Sumedang-Limbangan, Garut itu belum bisa dilalui oleh warga khususnya selama proses evakuasi material tanah.

“Perkembangan kondisi saat ini tempat kejadian pergeseran tanah Dusun Cipere, akibat pergeseran tanah longsor menutupi jalan,” imbuh Ucu

“Untuk menghindari jalan yang tertutup meterial longsoran tanah, tim gabungan sudah mengarahkan kepada para pengguna jalan untuk melalui jalan alternatif,” tambahnya.

Ucu menuturkan, bagi para pengguna jalan serta warga Desa Buana Mekar diharapkan supaya tidak mendekati area longsor sampai proses evakuasi material tanah selesai.

“Hindari longsoran Cibugel, pengguna jalan dialihkan gunakan jalur alternatif lewat Cirapuhan Jaya Mandiri,” katanya.

Ucu memaparkan, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Sumedang memberikan bantuan dalam proses evakuasi material tanah akibat longsor menggunakan alat berat.

Ucu menjelaskan, sebagai bentuk antisipasi sekaligus pengamanan, pihaknya saat ini menempatkan anggota dilokasi longsor.

“Untuk memastikan tidak ada warga yang mendekat ke lokasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan,” ujarnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa longsor yang menerjang wilayah Kecamatan Cibugel tersebut. (mg5/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan