Keren, Pelayanan Publik Kecamatan Jatinangor Terbaik di Kabupaten Sumedang

SUMEDANG – Kecamatan Jatinangor mendapat predikat pelayanan publik terbaik dan diberi apresiasi penghargaan oleh Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

Pelayanan publik terbaik di Kabupaten Sumedang yang diraih Kecamatan Jatinangor itu diberikan karena memenuhi berbagai persyaratan dan kerja sama semua perangkat.

Camat Jatinangor, Herry Dewantara melalui Kepala Seksi Pelayanan Publik, Edi Mulyadi mengatakan, sebagai bagian dari perangkat pemerintahan, sudah menjadi keharusan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Jatinangor.

“Berangkat dari Undang-Undang 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pasal satu angka satu, pemerintah berkewajiban memenuhi pelayanan dasar kepada masyarakat,” kata Edi kepada Jabar Ekspres, Kamis (13/1).

Edi menjelaskan, dari kewajiban memberikan pelayanan publik sasarannya yaitu harus bisa mendapatkan kepuasan masyarakat.

“Untuk memenuhi kepuasan masyarakat, diperlukan dukungan dari pemerintah, melalui SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkompeten dan profesional,” ujar Dedi.

“Kemudian adanya dukungan sarana-pra sarana dan teknologi. Hal itu diperlukan karena seiring dengan tuntutan masyarakat,” tambahnya.

Tuntutan masyarakat yang dimaksudkan Dedi, yaitu dalam pelayanan publik saat ini diperlukankecepatan dan ketepatan dengan standarisasinya.

“Untuk yang ditangani Kecamatan Jatinangor, pelayanan administrasi publik itu ada 18 produk. Salah satunya e-KTP, pembuatan KK, keterangan ahli waris bahkan administrasi nikah, itu ada dasar hukumnya,” imbuhnya.

Dedi menjelaskan, standar pelayanan publik dilihat dari sembilan variabel dengan 14 indikator.

“Jadi pelayanan harus mudah, tidak bertele-tele, harus transparan, harus aman dan masyarakat harus nyaman,” ucapnya.

Dedi menuturkan, kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik harus ada parameternya. Karenanya, Kecamatan Jatinangor, membagikan kuesioner kepada masyarakat guna membenahi serta meningkatkan pelayanan publik.

“Diserahkan kepada masyarakat. Kuesionernya ada dua, yang satu secara fisik dan satunya lagi penilaian melalui digital,” tuturnya.

“Bagaimana sikap kesopanan petugas dalam pelayanan, kecepatannya, apakah ada pungutan biaya atau tidak. Disini semua gratis, kecuali hal-hal yang ada dasar hukumnya, seperti PPAT sementara,” sambung Dedi.

Selain itu, Dedi menyebut pemberian penghargaan Kecamatan Jatinangor dalam pelayanan publik terbaik di Kabupaten Sumedang oleh Bupati, faktor lainnya karena banyak penilaian positif.

Faktor-faktor yang dijelaskan Dedi, menjadi modal dan alasan Kecamatan Jatinangor meraih penghargaan pelayanan publik terbaik di Kabupaten Sumedang, tak hanya pada 2021, namun tahun 2020 pun mendapat prestasi serupa. (mg5/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan