oleh

Ratusan Relawan di Sukmajaya Depok Dilibatkan dalam Kegiatan Daur Ulang Sampah

DEPOK – Kegiatan mengolah atau mendaur ulang sampah mulai banyak dimintai masyarakat di Kota Depok, terutama di Kecamatan Sukmajaya.

Tingginya antusiasme warga mendaur ulang sampah di Sukmajaya itu beriringan dengan kian meningkatnya kesadaran masyarakat setempat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

Koordinator Komunitas Bank Sampah Kecamatan Sukmajaya, Saptawati Meina mengatakan, munculnya kesadaran menjaga lingkungan berhasil membawa dampak positif bagi masyarakat setempat.

“Sebab, dengan kesadaran itu warga mulai berpikir bagaimana dapat mengolah sampah atau barang-barang yang sudah tak terpakai menjadi bernilai ekonomis,” katanya, Selasa (2712).

Saptawati menyebut, animo masyarakat untuk mendirikan Bank Sampah juga semakin tinggi sebagai sentra daur ulang sampah di wilayah tersebut.

Menurutnya, sejauh ini jumlah Bank Sampah di Sukmajaya telah mencapai 70 Bank Sampah yang tersebar di seluruh wilayah kelurahan.

“Adapun aneka produk yang dihasilkan dari kegiatan daur ulang sampah tersebut antara lain berupa pot tanaman hias, ecobag, eco enzym, aneka craft, sabun cuci piring, sabun pel lantai, dan lainnya,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, dalam kegiatan mengolah sampah di seluruh Bank Sampah, sebanyak 700 relawan turut terlibat.

“Para relawan adalah mereka yang tergabung dalam Bank Sampah yang berjumlah sebanyak 700 orang dari 70 bank sampah yang tersebar di seluruh Kecamatan Sukmajaya,” terangnya.

Para relawan, diberdayakan untuk membuat daur ulang sampah yang dapat dijadikan barang ekonomis dan tepat guna.

Pihaknya berharap, budaya daur ulang sampah di wilayah Sukmajaya dapat terus berkembang dan semoga banyak yang memberikan dukungan terutama dari akademisi, pemerintah dan dari masyarakat. (mg2/ran)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga