3 Fakultas Unjani Gelar Pengmas Manajemen BUMDes Berbasis ICT

Adapun beberapa cara umtuk mengintervensi desa, yakni dengan proses kemandirian, mengenal kebutuhan dan masalah, penggalian potensi desa, perencanaan terpadu, peningkatan pendapatan, dan kesejahteraan warga.

BUMDes diperlukan untuk mendorong pembangunan ekonomi desa dan peningkatan kapasitas pemerintas desa menuju kemandirian.

Yang diharapkan bagaimana kita mengembangkan perekonomian masyarakat agar menciptakan lapangan pekerjaan.

Kemudian manajemen BUMDes dan potensi pengembangannya dapat berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa tersebut. Dan untuk menggerakkan dan menata potensi ekonomi desa dengan cara memperkuat kapasitas masyarakat untuk turut berpatisipasi dari usahanya.

Sementara untuk sesi kedua yang bertema Pemanfaatan ICT Dalam Pengembangan BUMDes. Panitia menghadirkan narasumber Neni Maryani, SE., M.Si., Ak., CA., CPA., CTA, Tania Adialita, SE., MBA., Dr. Vrans Romi, SE., MM., CHRA., Herdi Ashaury, S.Kom., M.T., dan Ibu Zakiyah Nurul Falah.

Dari pembahasan di sesi kedua, terdapat pula beberapa poin penting yaitu, sejumlah barang harus dengan ketersedian, agar menjaga kelancaran dari usaha dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Semua itu bertujuan agar meningkatkan daya produk sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan dipasaran. Seperti Gen Z menyukai kopi dengan susu dibandingkan kopi hitam.

Selain itu, dengan menggunakan ICT, kita dapat memasarkan produk sesuai kebutuhan dimulai dari info produk, harga produk, dan total dari produk yang diperjual-belikan melalui website BUMDes. (rls/ziz)

Tinggalkan Balasan