Bocah SMP Asal Gresik Dapat Penghargaan Figur Inspiratif Dalam IDI Jatim Award

SURABAYAIkatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim Award 2021, memberikan penghargaan figur inspiratif untuk pelajar SMPN 12 Gresik, Aeshnina Azzahra Aqilani,  karena kiprahnya dalam mengkampanyekan lingkungan sehat.

’Kami di IDI wilayah Jatim berterima kasih pada Nina, sudah menjadi inspirasi untuk lebih banyak anak-anak luar biasa di Gresik dan Jawa Timur,’’ kata dr Lestari Sudaryanti, salah seorang pengurus IDI Jatim, memberi apresiasi untuk pada Nina.

Sebetulnya, penghargaan untuk kategori figur inspiratif itu ada beberapa nama lain. Termasuk sejumlah kepala daerah. Di antaranya, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Namun, IDI Jatim memilih Nina sebagai penerimanya.

‘’Saya berterima kasih atas penghargaan ini serta atas dukungannya,’’ ungkap Nina.

Selain itu, Nina juga berharap agar para dokter-dokter Indonesia juga ikut membantunya. Yakni, mewariskan lingkungan sehat dan bersih untuk para generasi mendatang. ‘’Untuk masa depan lebih baik,’’ kata anak sulung pasangan Prigi Arisandi-Daru Setyorini itu.

Nina memang satu di antara pelajar yang aktif untuk ikut mengampanyekan lingkungan sehat. Terutama masalah sampah. November lalu, dia juga diundang sebagai salah satu pembicara Plastic Healt Summit 2021 di Amsterdam, Belanda. Nina menjadi pembicara termuda. Pembicara lain sebagian besar adalah para profesor dan doktor dari berbagai negara.

Dia juga ikut menjadi bagian dari Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) di Skotlandia, Inggris. Selama ini, salah satu yang dikampanyekan Nina adalah penolakan atas impor sampah plastik dari berbagai negara maju. Misalnya, Jerman, Amerika, Perancis, Belgia, dan Jepang. Ada jutaan ton sampah plastik dikirimkan ke Indonesia. Sampah itu antara lain dimanfaakan sebagai bahan bakar. Padahal, sangat membahayakan pada kesehatan dan lingkungan.

Nina boleh jadi bangga atas penghargaan tersebut. Namun, Nina dan para generasi pewaris negeri ini tentu akan lebih bangga lagi kalau masa depan bumi pertiwi ini makin bersih dan sehat. Bumi pun tetap lestari.

Dalam event yang tergelar di Ballroom IDI Cabang Surabaya tersebut, IDI Jatim juga memberikan penghargaan kepada dokter inspiratif pelayanan medis, dokter inspiratif pengetahuan dan teknologi, dan dokter inspiratif sosial kemasyarakatan. Selain itu, ada juga pemberitan tanda penghormatan kepada para dokter yang gugur akibat Covid-19.

Tinggalkan Balasan