oleh

Masih Jadi Misteri Sejarah, Siapa Sebenarnya Sosok Patih Gajah Mada?

Nama Patih Gaja Mada sangat populer di dalam literasi-literasi sejarah yang diajarkan di sekolah-sekolah. Konon ceritanya Patih Gajah Mada merupakan salah-satu tokoh yang sangat populer di Nusantara.

Kecerdasan Patih Gajah Mada dalam memimpin pasukan, membuatnya dikenang sebagai salah seorang panglima perang yang disegani diseluruh nusantara dan wilayah dataran Asia Tenggara.

Akan tetapi nama tokoh yang merupakan pesohor dari Kerajaan Majapahit itu sampai sekarang masih menjadi perdebatan dikalangan ahli sejarah.

Sedikitnya ada tiga literasiu yang mengungkapkan siapa sebenarnya. Dan kapan dia hidup pada masanya.

Pada isi Kitab Negara Kertagama ternyata berbeda dengan hikayat yang terdapat pada Sejarah Melayu dan Babad Tanah Jawi.

Untuk mengidentifikasi melalui tiga literasi sejarah itu, setidaknya nama Patih Gajah Mada memiliki masa kehidupan berbeda-beda. Adapun ke-3 sosok itu adalah sebagai berikut:

Patih Gajah Mada I

Keberadaannya bersumber dari Kitab Negara Kertagama. Di dalam kitab tersebut, Sang Patih dikisahkan bersumpah yang dikemudian hari dikenal dengan nama “Sumpah Palapa”.

Dia hidup masa Kepemimpinan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389), dan berdasarkan beberapa hikayat terlibat langsung dengan peristiwa Perang Bubat.

Diperkirakan Gajah Mada inilah bersama dengan Panglima Arya Damar yang berhasil menguasai Bali. Dan banyak yang percaya Sang Patih “Moksa” di akhir kehidupannya.

Cerita ini juga banyak terdapat pada buku-buku sejarah di kalangan pelajar.

Patih Gajah Mada II

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.