Desa Gegesik Kulon Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

BANDUNG – Desa Gegesik Kulon menyimpan potensi wisata dan kebudayaan lokal yang cukup beragam. Mulai seni rupa, seni tari (topeng), seni teater (ronggeng bugis, beberok, wayangan), seni musik (pelog, rampak kendang), dan seni sastra (macapat, pantun) menjadi daya tarik desa ini.

Tak hanya itu, di Desa Gegesik Kulon ada juga sejumlah makanan khas, seperti kue poci, pedesan entog, dodol manis hingga kerupuk melarat yang bercita rasa unik menjadi buruan para penikmat surga kuliner.

Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika Desa tersebut masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Insya Allah tanggal 7 Desember akan diumumkan 10 besar, mudah-mudah Desa Gegesik Kulon termasuk salah satunya. Dan semua ini bisa berhasil, apabila ada dukungan dari provinsi, kabupaten, para seniman dan para budayawan, juga masyarakat”, ungkap Camat Gegesik, Indra Fitriani.

Sementara itu, Kepala DPMD Prov. Jabar, Dicky Saromi, menjelaskan mengapa Desa Gegesik Kulon masuk dalam 50 besar anugerah desa wisata terbaik. Karena seni dan budayanya larut dalam kehidupan masyarakat, dengan kata lain tiada hari lain tanpa seni budaya.

“Di sini selalu ada kreativitas yang terus dilakukan, dan masyarakatnya sangat terbuka kepada siapa saja. Sehingga kalau ingin belajar seni dan menginap di kampung seni, datanglah ke Gegesik”, tegas Dicky Saromi.

Pada kesempatan tersebut, Dicky Saromi menyerahkan 13 (tigabelas) unit laptop hasil kerjasama dengan Shopee Center dan dacin atau alat timbang bayi untuk posyandu dalam mendorong Desa tersebut lebih kompak, agamis, toleransi, dan indah.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya perhatian dan dukungan yang sangat luar terhadap Desa Gegesik Kulon dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021”, ujar H. Imron Rosyadi, Bupati Cirebon.

Selain menempatkan Desa Gegesik Kulon, terdapat 4 (empat) desa wisata lainnya dari Jabar yang masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik, yaitu Desa Wisata Cisande, Kab. Sukabumi, Desa Wisata Saung Ciburial (Sukalaksana) Kab. Garut, Desa Wisata Selasari, Kab. Pangandaran, dan Desa Wisata Alam Endah, Kab. Bandung mewakili Jabar pada ajang bergensi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan