Tiga Rumah Tertimpa Pohon Di Ciamis

CIAMIS – Sebanyak tiga rumah milik warga Dusun Kubang RT/RW 01/06 Desa Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis rusak tertimpa pohon, Selasa (16/11/2021) sore. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.00, saat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda wilayah tersebut.

Kapolsek Rajadesa AKP Iis Yeni Idaningsih mengatakan, setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung turun ke lapangan. Dan berkoordinasi dengan petugas BPBD dan relawan untuk melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga tersebut.

Rusak Parah, Tiga Mobil Terlibat Tabrakan Beruntun di Ciamis

“Kejadian bencana alam pohon tumbang yang terjadi pada Selasa sore menimpa tiga rumah. Kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi akibat tiga rumah yang rusak,” jelasnya. Pihaknya turut serta membantu petugas BPBD, relawan dan masyarakat mengevakuasi pohon yang menimpa rumah warga tersebut.

“Sedangkan untuk kerugian rumah yang tertimpa pohon tumbang ini ditaksir sekitar Rp 30 juta,” imbuh Iis.

Iis mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam yang bisa terjadi, mengingat saat ini telah memasuki musim penghujan dan disertai angin kencang.

“Kami minta masyarakat untuk tetap waspada dan kepada warga di sekitarnya terdapat pohon yang rentan tumbang untuk segera menebang agar tidak menimpa bangunan rumah ketika hujan deras disertai angin kencang datang kembali,” imbaunya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat mengatakan, kondisi cuaca saat ini curah hujan cukup tinggi. Sehingga perlu peningkatan kewaspadaan oleh semua masyrakat, terutama di daerah rawan bencana dan yang di sekitarnya banyak pohon.

“Perlu diketahui kalau Ciamis ini rawan bencana alam, baik longsor, banjir, pergerakan tanah dan angin kencang. Makanya harus ekstra waspada,” harap dia. (isr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan