Sirkuit Mandalika Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022

Pengecatan kerb yang berfungsi sebagai marka, menggunakan alat dan cat khusus dari Jerman dan dilakukan oleh perusahaan spesialis Race Track,  Roadgrip asal Inggris, lewat anak perusahaan mereka Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) yang menugaskan tenaga spesialis yang berpengalaman mengerjakan sejumlah sirkuit dunia seperti Austin, Zandvoort dan Yas Marina.

Pit Building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari tiga lantai.

Lantai dasar adalah garasi yang digunakan para pebalap dan teknisi tim, sedangkan lantai dua merupakan tribun penonton VVIP dan media center. Sedangkan lantai tiga Pit Building khusus untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Fasilitas Medical Center dalam sirkuit ini juga telah dilengkapi, termasuk helipad. Para tenaga medis telah menjalani pelatihan selama enam hari guna mendukung kebutuhan medis di area sirkuit termasuk prosedur evakuasi medis via helikopter, intervensi car, ambulance, ground post, dan pit lane ground post sebagai simulasi apabila ada kecelakaan yang terjadi pada pebalap sesuai dengan SOP yang ditentukan.

Seluruh kelengkapan sirkuit ini adalah syarat agar Sirkuit Mandalika lolos homologasi final FIM.

Dan hingga pekan pertama November, MGPA menyatakan kesiapan Sirkuit Pertamina Mandalika mencapai 98 persen untuk menggelar dua ajang balapan internasional bulan ini.

“Melihat kelengkapan fasilitas dan kualitas sirkuit ini, kami optimistis dapat lolos proses homologasi oleh Federation Internationale de motorcyclisme (FIM),” kata Ricky.

Runway Bandara Internasional Lombok juga telah diperpanjang agar bisa didarati pesawat berbadan besar. Kemudian jalan bypass Mandalika juga telah dirampungkan sehingga bisa memangkas waktu tempuh dari bandara ke sirkuit menjadi 15 menit saja.

Momentum Indonesia menjadi pemain besar dalam dunia balap semakin kuat manakala Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Pertamina Mandalika menjelang turnamen Asia Talent Cup diadakan.

Presiden Jokowi yang juga hobi mengendarai motor besar bahkan menjajal langsung trek menunggangi motor Kawasaki W175 warna hijau yang telah dimodifikasi.

 

Keunggulan Sirkuit Mandalika

Keunggulan Mandalika yang dikelilingi pantai indah berpasir putih itu memang tidak didapati di sirkuit balapan dunia lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan