Selangkah Lagi The Minions Bakal Pertahankan Gelar French Open 2021

JAKARTA – Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses menembus final French Open 2021 kemarin (30/10). Capaian itu menjadi final pertama bagi Marcus/Kevin setelah 18 bulan menanti. Sejak menapak final pada All England 2020, Marcus/Kevin absen naik podium.

Selain absen panjang kompetisi karena pandemi Covid-19, faktor cedera membuat keduanya minim berpartisipasi. Kalaupun ada, podium juara yang dinaiki itu terjadi beberapa pekan lalu saat The Minions, julukan Marcus/Kevin membawa Indonesia meraih Thomas Cup 2020.

Pada semifinal di Stade Pierre de Coubertin, Marcus/Kevin mengalahkan kompatriotnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Pertandingan berdurasi 62 menit itu berjalan dramatis dan dimenangkan Marcus/Kevin lewat rubber game 21-19, 12-21, 26-24.

Kemenangan tersebut makin memperkuat dominasi Marcus/Kevin atas FajRi (singkatan Fajar/Rian). The Minions menang enam kali dalam sembilan pertemuan.

Selain itu, yang membuat kemenangan di Paris tersebut penting karena itu terjadi dalam tiga pertemuan terakhir, Minions takluk oleh FajRi.

Pertandingan kemarin sangat ketat. Meski FajRi sempat mendominasi game kedua dengan selisih poin yang cukup jauh, game satu dan tiga dimenangi The Minions dengan beda dua angka saja. Bahkan di game ketiga, Marcus/Kevin sempat tertinggal 17-20, namun mereka bisa bangkit dan menang.

’’Kami saat tertinggal tadi coba untuk tetap tenang dan menikmati pertandingan. Tur Eropa ini panjang dan melelahkan jadi kami enjoy the game saja,’’ kata Marcus kepada tim Humas PP PBSI.

Pada game penentuan, barulah keduanya diuji. Meski mencapai match point terlebih dahulu, FajRi justru kehilangan momentum saat poin-poin kritis. Mereka kehilangan lima poin beruntun dan terjadilah lima kali deuce. The Minions justru mendapat kemenangan tersebut.

Sementara itu, bagi FajRi, itu merupakan semifinal mereka setelah 22 bulan. Mereka kali terakhir masuk babak semifinal saat Indonesia Masters 2020. Setelah itu, capaian FajRi hanya berkisar pada babak 32 besar dan 16 besar.

Meningkatnya permainan FajRi diakui Marcus. ’’Hari ini (kemarin, Red) kami beruntung bisa menang. Fajar/Rian sedang bagus sekali mainnya,’’ ujar pemain PB Jaya Raya Jakarta itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan