Putra BJ Habibie Ditunjuk Jadi Komisaris Open Finance Ayoconnect

JAKARTA – Platform Application Program Interface (API), Ayoconnect menunjuk tokoh technopreneur Indonesia, Ilham Habibie sebagai komisaris perusahaan. Keputusan ini diyakini merupakan langkah tepat untuk terus meningkatkan performa perseroan.

Sebelumnya, Ilham menjabat sebagai Penasihat Strategis Ayoconnect sejak Agustus 2020 hingga kemudian bergabung dengan jajaran investor dalam putaran pra-seri B Ayoconnect yang berlangsung di bulan September.

Ayoconnect sendiri bekerja untuk memfasilitasi interoperabilitas dan kolaborasi yang lebih besar antar lembaga keuangan di Indonesia. Tujuannya guna membantu lembaga-lembaga keuangan Tanah Air membuka kanal pendapatan baru lewat diluncurkannya produk-produk yang dapat melayani kebutuhan pelanggan yang masih belum terpenuhi hingga saat ini.

“Saya kian terkesan dengan kiprah Ayoconnect untuk mendorong kemajuan dan dampak di lanskap fintech Indonesia. Saya sangat senang bisa bergabung dengan tim Ayoconnect dan turut berkontribusi mendorong inklusi keuangan di Indonesia,” kata Ilham dalam keterangan resminya dikutip, Rabu (27/10).

CEO Ayoconnect Jakob Rost pun menyambut bergabungnya putra pertama Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai komisaris di Ayoconnect akan mengakselerasi peran perusahaan dalam membangun masa depan ekosistem digital Indonesia.

“Ilham adalah sosok visioner yang telah berhasil mendorong inovasi dan mendorong kolaborasi yang bermakna antara berbagai organisasi. Dengan bergabungnya Ilham, kami juga berharap dapat memperoleh lebih banyak kemitraan dengan berbagai badan usaha milik negara dan lembaga keuangan serta berkolaborasi dengan komunitas entrepreneur yang lebih luas di Indonesia,” ucap dia.

Menurut Jakob, penunjukan Ilham sebagai komisaris bertepatan dengan upaya Ayoconnect untuk memperluas jejak API-nya ke ranah Open Finance dan Open Government.

Saat ini, Ayoconnect telah melayani lebih dari 1.000 perusahaan di Indonesia, termasuk penyedia layanan keuangan, perusahaan teknologi, dan perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia lainnya. Platform API Ayoconnect juga telah memproses lebih dari 300 juta hit API setiap tahunnya dan mengalami peningkatan 600 persen dalam jumlah transaksi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Ilham pun mengungkapkan visi daripada Ayoconnect, yakni memberikan akses publik terkait kemudahan finansial. “Kami memiliki tujuan untuk memberikan solusi inovatif untuk perusahaan berbagai skala, dengan cara menghadirkan teknologi untuk melayani pelanggan mereka, termasuk mereka yang hingga kini masih belum dapat terjangkau oleh lembaga keuangan konvensional,” tandas dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan