KNPI Harus Memiliki Gagasan Untuk Kemajuan Kabupaten Bandung

SOREANG – Bupati Bandung Dadang Supriatna meminta kepada pemuda-pemudi, khususnya yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) turut menyumbang ide dan pemikiran untuk kemajuan Kabupaten Bandung.

“Peran pemuda sangat dibutuhkan, terlebih Indonesia akan menyambut bonus demografi, di mana jumlah masyarakat usia produktif lebih banyak daripada nonproduktif,” ungkap Dadang saat Peringatan Sumpah Pemudake-93, di GBS Soreang, Selasa (26/10) malam.

Kang DS panggilan akrab Bupati Bandung mengatakan, KNPI Kabupaten Bandung untuk bangkit dan tumbuh menjadi pemuda pelopor. Terlebih KNPI menurutnya merupakan kawah candradimuka para pemimpin di masa yang akan datang.

“Saya minta KNPI ini bangkit. Saya tunggu KNPI untuk memberikan ide, gagasan untuk kemajuan Kabupaten Bandung. Silahkan sampaikan kepada Pemkab Bandung,” kata Kang DS.

Oleh karena itu, Kang DS meminta agar KNPI rutin menggelar diskusi minimal sebulan sekali, untuk membahas seputar permasalahan di Kabupaten Bandung.

“Apalagi kalau bicara bingkai KNPI ini, merupakan komite, panitia, dari perkumpulan 32 organisasi kepemudaan (OKP) yang berkumpul dan bergabung di KNPI Kabupaten Bandung. Silahkan ajak mereka untuk berdiskusi bertukar pikiran untuk membedah persoalan-persoalan di Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Hasil dari diskusi tersebut, lanjut Kang DS, harus ditindaklanjut dengan implementasi program sesuai bidangnya masing-masing. Bisa di bidang ekonomi, sosial, budaya, pertanian, bahkan juga politik. Sebab menurutnya, KNPI sendiri punya struktur organisasi yang lengkap, bahkan menyerupai miniatur legislatif atau DPRD.

Karenanya Kang DS mempersilahkan KNPI Kabupaten Bandung untuk bekerjasama dengan tiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bandung.

“Saya siap membuka ruang untuk generasi penerus bangsa ini. Asalkan ada kemauan. Silahkan KNPI berkolaborasi, buat MoU dengan OPD Pemkab Bandung sesuai bidang yang ada di KNPI. Buat programnya dan diimplementasikan secara profesional, ada outcome dan output-nya,” paparnya.

Kang DS juga meminta KNPI untuk turut andil dalam vaksinasi Covid-19, turut membangkitkan UKM dan ekonomi kreatif untuk mengurangi pengangguran di kalangan pemuda melalui program pelatihan kewirausahaan.

“Jadi sekali lagi, saya minta masukan-masukan dari teman-teman KNPI. Sampaikan kepada saya terkait program-program apa saja yang harus kita lakukan untuk kemajuan Kabupaten Bandung,” kata mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Bandung dua periode ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan