Kota Bandung Level 2 PPKM, Pemkot Longgarkan Kapasitas Bioskop

BANDUNG – Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021, kini Kota Bandung telah memasuki level 2 dalam kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19.

Dengan adanya hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menerapkan sejumlah relaksasi baru salah satunya menerapkan kapasitas maksimal pengunjung di Bioskop menjadi 70 persen, dan anak usia di bawah 12 diizinkan berkunjung.

Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menerangkan bahwa pihaknya akan segera menyusun beberapa aturan yang tercantum di Inmendagri Nomor 53 ke dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) terbaru.

“Bioskop itu 70 persen (kapasitas pengunjung), tentunya kita pun menyesuaikan dengan Perwal yang baru walaupun sekarang masih menunggu legalisasi,” ucapnya saat diwawancarai di Pusat Perbelanjaan Bandung Indah Plaza (BIP), Jum’at (22/10).

Dengan adanya pelonggaran kapasitas maksimal Bioskop menjadi 70 persen, lanjut Ema, hal tersebut menjadi tantangan untuk pengelola bioskop. Sebab ada tantangan tersendiri untuk mengatur celah tempat duduk penonoton yang sebelumnya menerapkan kapasitas 50 persen.

“Bayangan saya agak menarik, kalau 50 persen itu relatif mudah hanya tinggal dua selang seling satu itu sudah jadi 50 persen. Tapi kalau 70 persen itu seperti apa, ternyata ideal juga susah sebenarnya,” ucapnya

“Karena ada yang sifatnya couple, ada yang memang single. Tapi kalau dari pola aturan ya kita hargai saja, karena memang susah jika pengen satu-satu terhalang,” tambahnya.

Sementara itu, untuk meminimalisir terjadinya pelangaran Protokol Kesehatan (Prokes) di tempat tersebut, ia mengungkapkan bahwa sudah ada sistem yang mengatur tempat duduk.

“Mudah-mudahan untuk yang couple itu memang diduduki oleh orang yang sudah berkeluarga atau orang tua dengan anak. Toh sekarang anak sudah boleh masuk mal, sudah boleh masuk bioskop,” katanya

Maka dari itu, ia menghimbau kepada seluruh pengelola bioskop di Kota Bandung agar tetap berkomitmen untuk tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Saya mengimbau semua harus kuat komitmennya dan Satgas di sini (bioskop) melakukan pengawasan itu,” tegasnya.

Selain itu, Ema juga mengimbau para orang tua yang mengajak anak menonton Bioskop untuk tetap melakukan pengawasan terkait dengan penerapan Prokes.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan