Walkot Depok Sebut Verifikasi Data Kerusakan Rumah Akibat Bencana Mesti Dipercepat

DEPOK – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mendesak Perangkat Daerah (PD) terkait agar segera mempercepat verifikasi data kerusakan rumah atau bangunan akibat bencana yang disebabkan angin puting beliung beberapa waktu lalu.

Idris juga meminta seluruh Camat dan Lurah di wilayah masing-masing untuk turut membantu proses pendataan tersebut. Sebab, peristiwa alam yang terjadi pada bulan September lalu itu diduga telah menimbulkan sedikitnya 1.741 titik kerusakan di hampir sembilan kecamatan yang ada di Kota Petir itu.

“Kita harapkan proses (verifikasi data kerusakan rumah/bangunan) bisa dipercepat, sehingga dapat mengalkulasikan berapa total kerugian yang ditimbulkan guna mempercepat realisasi bantuan kepada pihak korban,” katanya, Senin (18/10).

Idris menyebut data verifikasi yang telah selesai dihimpun, terdapat sejumlah rumah mengalami kerusakan mulai dari tingkatan ringan, sedang sampai yang rusak berat. Di samping itu, kata dia, tempat ibadah dan sarana publik lainnya juga mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut.

“Karena sementara data kerusakan masih sedang diproses, harapannya yang masih belum terdata atau terlaporkan semoga segera rampung terverifikasi,” urainya.

Dalam penyaluran bantuan korban bencana angin puting beliung, Idris mengatakan akan diberikan sesuai tingkat kerugian yang ditimbulkan dari bencana tersebut.

“Untuk itu, kita minta agar distrinusi bantuan disesuikan dengan tingkat kerusakannya. Termasuk dalam penyaluran bantuan ini tetap memprioritaskan warga prasejahtera,” imbuhnya.

Dirinya tak lupa mengapresiasi segenap pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam penanganan bencana tersebut. Terutama, PD terkait yang telah berjuang maksimal dalam menangani bencana tersebut.

“Saya mengajak kepada seluruh warga agar bergerak bersama membantu meringkankan beban yang dialami. Sehingga, mereka dapat menerima bantuan secara maksimal,” pungkasnya. (Mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan