Penutupan Dihadiri Wapres, PLN Sukses Suplai Listrik PON XX Papua 2021

JAYAPURA – Gegap Gempita Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 memasuki babak akhir. Puncak acara penutupan PON pertama yang bersejarah di Tanah Papua ini pun masih tetap meriah di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Selama PON berlangsung dari 2 Oktober 2021, dunia telah menyaksikan bagaimana semangat Torang Bisa, tidak hanya terlihat pada atlet peserta. Semangat bisa ini juga menjadi energi dari masyarakat Papua yang dapat menjadi tuan rumah yang baik selama acara berlangsung.

Gemerlap cahaya dan keramahan masyarakat Papua menjadi penanda kemajuan ke depannya. PON kali ini berhasil menggambarkan kemajuan di Papua yang akan terus dikembangkan usai PON XX Papua digelar.

Berakhirnya PON XX Papua, juga menjadi momentum pembangunan berkelanjutan di Bumi Cenderawasih. Berbagai infrastruktur termasuk kelistrikan di empat klaster yang dibangun untuk mendukung PON akan menjadi modal bagi percepatan pembangunan di Tanah Papua.

Dalam penutupan PON XX Papua yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, beserta duta negara sahabat, pejabat dan kepala daerah, harapan itu menyeruak.

Dalam sambutannya, Ma’ruf menyebutkan sejarah akan mencatat PON XX Papua yang diselenggarakan di Bumi Cenderawasih berlangsung dengan sukses.

“Saya bangga dan terharu atas tekad dan dedikasi tinggi masyarakat Papua yang bahu-membahu menyelesaikan PON XX Papua,” ucapnya.

Ada beberapa catatan PON tidak mudah, mulai dari pembangunan infrastruktur olahraga masif dengan standar dan kualitas internasional, lokasi penyelenggaraan dengan jarak terjauh yang pernah ada, hingga kondisi Pandemi yang menuntut kerja ekstra.

“Tapi ternyata warga Papua bukan hanya mampu menyelenggarakan, tetapi berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Torang Bisa bukan hanya semboyan tapi nyata dan terbukti,” imbuhnya.

Selain sukses penyelenggaraan, Wapres juga mengucapkan selamat atas melonjaknya prestasi tim Papua yang berhasil meraih 93 mendali emas dan menduduki peringkat 4. Ini menunjukkan Papua bukan hanya hanya sejajar dengan provinsi lain, tapi dalam beberapa aspek lebih unggul.

“Ini membuktikan bahwa Bumi Papua tidak saja kaya, tapi penuh talenta yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Papua. Sehingga kekayaan sumber daya alam Papua akan membawa manfaat yang sebsar-besarnya bagi masyarakat Papua sendiri,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan