5 Objek Wisata di KBB Diajukan untuk Jalani Uji Coba Pembukaan

NGAMPRAH – Lima objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) diajukan untuk turut menjalani uji coba pembukaan pariwisata ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Lima objek wisata tersebut antara lain Dago Dream Park, Floating Market, Orchid Forest, Terminal Wisata Grafika Cikole, serta Lembang Park and Zoo. Semua objek wisata tersebut bertema alam dengan konsep ruang terbuka.

“Betul kita mengajukan lagi lima objek wisata untuk menjalani uji coba pembukaan wisata,” ungkap Kepala Disparbud Bandung Barat Heri Partomo saat dihubungi, Kamis (14/10)

Ia menyebut pertimbangan mengajukan lima objek wisata tersebut untuk uji coba yakni karena telah mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) sertia keikutsertaannya mendukung program vaksinasi Covid-19 di Bandung Barat.

“Lima objek wisata itu kan jadi favorit dikunjungi wisatawan atau masuk top ten di KBB. Secara teknis mereka sudah punya sertifikat CHSE sampai ASTA. Termasuk partisipasi mereka dalam vaksinasi dan PPKM,” katanya.

Syarat itu menjadi standar wajib yang harus dimiliki oleh setiap objek wisata yang diajukan untuk diujicobakan. “Kalau secara keseluruhan soal protokol kesehatan kan sudah wajib, termasuk scan barcode aplikasi PeduliLindungi,” jelasnya.

Di Bandung Barat sendiri baru ada tiga objek wisata yang sudah terlebih dahulu menjalani uji coba pembukaan wisata yakni The Lodge Maribaya, The Great Asia Africa, serta Farmhouse.

Sejauh ini ketiga objek wisata tersebut menjalankan uji coba pembukaan dengan baik. Kendati sebelumnya ada sejumlah kendala seperti pengunjung yang kesulitan mengakses aplikasi PeduliLindungi.

“Kalau dari prokes semuanya sudah sangat baik, meskipun di awal itu sempat ada kesulitan log in PeduliLindungi. Tapi kemudian sudah teratasi. Dan semoga kedepannya semakin banyak lagi yang bisa diizinkan buka,” tegasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan