Sering Terjadi Banjir, Plt Bupati Instruksikan Normalisasi Drainase dan Sungai

NGAMPRAH – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) agar segera melakukan normalisasi drainase dan sungai

Hengky mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi bencana banjir saat musim hujan tiba yang kerap terjadi di sejumlah titik akibat saluran drainase tidak berfungsi maksimal. BEgipun dengan kondisi sedimen sungai sehingga harus di keruk.

“Hari ini kita sudah mulai melakukan normalisasi saluran drainase, terutama di kawasan Lembang yang tahun lalu sempat meluap,” kata Hengky kepada wartawan, Kamis (14/10).

Ia menambahkan, pihaknya pun telah menginstruksikan agar normalisasi saluran irigasi tersebut di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat. Dengan begitu, potensi banjir dapat ditekan secara maksimal.

“Normalisasi ini akan terus dilakukan ke seluruh wilayah KBB yang saluran drainase maupun selokannya yang menjadi jalur air,” katanya.

Hengky menyebut, langkah antisipasi tersebut juga menjadi upaya nyata pemerintah dalam melindungi masyarakat dari dampak negatif bencana yang ditimbulkan.

“Jangan sampai bencana banjir ini terulang setiap tahun di wilayah Kabupaten Bandung Barat kalau langkah antisipasi masih bisa dilakukan,” katanya.

Ia pun mengimbau, agar semua pihak bersama-sama berkolaborasi dan bergotong royong menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga lingkungan sekitar.

“Menjaga kebersihan itu bisa dimulai dari diri sendiri di lingkungan sekitar dan hal itu yang lebih penting ditanamkan saat ini yakni kesadaran yang timbul dari diri sendiri,” katanya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan