Sering Ikut Tawarun, Ratusan Pelajar di Karawang  Wajib Ikut Bela Negara

KARAWANG  – Ratusan pelajar yang sering ikut tawuran dari 30 sekolah di Kabupaten Karawang,  mengikuti penataran kedisiplinan, bela negara dan wawasan kebangsaan.

“Para pelajar yang ikut dalam penataran ini mendapatkan pendidikan bela negara dan latihan fisik,” Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Haryo Wibowo di Karawang, Rabu. (13/10)

Selain itu, para pelajar SMP dan SMA/SMK itu juga mendapatkan latihan lain untuk membentuk mental dan karakter yang bertanggungjawab dan tidak merugikan orang lain.

Menurut dia, tujuan penataran kedisiplinan berawal dari hasil koordinasi Muspida Karawang melihat situasi terkini saat pembelajaran tatap muka (PTM) yang berpotensi banyak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan seperti tawuran pelajar, balap liar, dan tindakan lain yang melanggar kedisiplinan sebagai pelajar.

Para pelajar yang mengikuti penataran kedisiplinan, bela negara dan wawasan kebangsaan tersebut mayoritas merupakan pelajar yang memiliki catatan khusus di sekolah mereka masing-masing. Mereka diberi catatan khusus karena melakukan tawuran, balap liar, dan melakukan jenis gangguan kamtibmas lainnya.

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono mengatakan, untuk mengantisipasi tindakan mengganggu kamtibmas yang dilakukan pelajar.

Pihaknya mengerahkan Polsek yang berkoordinasi dengan Camat, Danramil dan Satgas Pelajar untuk lebih aktif melakukan sosialisasi dan kampanye agar tidak ada lagi balap liar, dan tindakan merugikan lainnya.

“Kita juga akan memproses secara hukum bagi pelajar yang memang terbukti melakukan tindak pidana,” ujarnya. (antara/red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan