Biaya Umrah Diprediksi Naik 15-25 Persen, Begini Penjelasannya

Tim melakukan analisis situasi, terutama terkait dengan pandemi Covid-19. Misalnya, edukasi kepada masyarakat bahwa pelaksanaan umrah maupun haji tahun depan masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. Karena itu, pelaksanaan umrah dan haji tidak sama seperti pada umumnya.

Khusus untuk pelaksanaan umrah yang sebentar lagi dibuka, Hilman memberikan sejumlah catatan. Di antaranya, tim tersebut harus membahas kebijakan teknis dengan travel umrah maupun maskapai penerbangan. Khususnya soal patokan biaya paket umrah di masa pandemi. Juga menyiapkan asrama haji sebagai tempat karantina jamaah umrah.

Tanggapan Gus Muhaimin

Gus Muhaimin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, mengatakan, keluarnya lagi izin umrah tersebut membuktikan bahwa pemerintah Arab Saudi percaya Indonesia mampu menangani pandemi Covid-19. Saat ini kasus Covid-19 di tanah air terus turun. Dia mengajak masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meminta pemerintah dan agen-agen travel umrah menyiapkan pemberangkatan calon jamaah umrah secara maksimal. ”Sehingga nanti ketika benar-benar terlaksana, tidak ada lagi kendala di lapangan,” ucapnya.

Menurut dia, pelaksanaan ibadah umrah harus mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Mulai keberangkatan, pelaksanaan umrah di Tanah Suci, sampai pulang kembali ke tanah air. Semuanya harus dilakukan dengan pengawasan ketat sehingga tidak ada jamaah yang terkena virus korona. (wan/lum/c19/fal/jawapos)

Tinggalkan Balasan