Alami Harga Fluktuatif, Warga Jatijajar Didorong Tanam Cabai

DEPOK – Warga Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok sedang didorong untuk menanam cabai. Hal itu lantaran harga cabai saat ini sedang mengalami fluktuasi alias naik-turun.

Camat Tapos, Abdul Mutolib menuturkan, dorongan tersebut datang dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok.

Dikatakan, DKP3 Kota Depok baru-baru ini sedang gencar menyosialisasikan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ke masyarakat. Dalam kegiatan itu, masyarakat diajak agar menanam cabai agar menangkap peluang bisnis tersebut.

“Atas saran itu, pihak Kelurahan Jatijajar akhirnya menjalin kerja sama dengan (DKP3) Kota Depok untuk merealisasikan program tersebut,” ungkapnya, Kamis (14/10).

Dirinya menambahkan, dalam kerja sama itu, pihak DKP3 tidak hanya mendorong warga untuk menanam cabai, tapi juga membangunKawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk tanaman pangan.

“Sebagai langkah awal, DKP3 berkolaborasi dengan pihak kelurahan menggelar pelatihan bertani cabai skala rumahan yang diadakn selama 2 hari, yakni dimulai sejak kemarin (13/10) hingga hari ini (14/10),” imbuhnya.

Adapun kata dia, peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 30 orang yang merupakan warga Jatijajar. Mereka terdiri dari karang taruna, kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pengurus, RT-RW dan lain-lain.

Sementara, Lurah Jatijajar, Sutadi mengatakan, selain dibekali kemampuan bertani cabai, warga setempat juga akan dibekali kemampuan budidaya ikan lele.

“Insya Allah, setelah pelatihan bertani cabai ini akan ada pelatihan berikutnya yang rencana digelar pada 15-16 Oktober dengan pembekalan khusus untuk budidaya ikan lele,” ungkap Sutadi. (Mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan