oleh

Sekda Jabar: Open Data Bersifat Informasi Publik Bisa Diakses Msyarakat

BANDUNG – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) berkomitmen untuk terus mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Sejumlah program dan aplikasi pun diluncurkan sebagai wujud komitmen tersebut.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja saat memaparkan program-program unggulan Pemda Provinsi Jabar dalam Penilaian dan Monev KIP Tahun 2021 di Jabar Command Center, Kota Bandung.

Menurut Setiawan, Pemda Provinsi Jabar sudah membangun ekosistem data yang terintegrasi dengan menggagas Ekosistem Data Jabar. Dalam Ekosistem Data Jabar, terdapat tiga portal bernama Open Data Jabar, Satu Data Jabar, dan Satu Peta Jabar.

Baca Juga:  UMP Jabar 2022 Ditetapkan Rp1.841.487,31 Sekda Jabar Bilang Ini Win-win Solution

Open Data Jabar menyajikan data yang bersifat publik dan dapat  diakses oleh masyarakat dan data yang disajikan bersifat publik. Sedangkan  Satu Data Jabar menjadi portal berbagi pakai data antarperangkat daerah di Pemda Provinsi Jabar. Ada data yang dikecualikan, data publik, dan data internal.

Sementara Satu Peta Jabar menjadi portal berbagi pakai data yang berisi data-data geospasial atau berupa peta. Pengkategorian data publik, data internal, dan data dikecualikan, disusun berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Baca Juga:  Sekda Jabar Lantik 92 Pejabat Fungsional, ASN Harus Mengerti Tugas dan Fungsinya

“Jadi, kita lebih sistematis (dalam hal KIP), kurang lebih seperti itu,” kata Setiawan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga