Permalukan Kakek Tua Depan Umum, Dokter Tirta Tegur Baim Wong Soal Etika

JAKARTA – Sikap YouTuber Baim Wong yang memarahi kakek Suhud dan menjadikan sebagai konten, dirsepon oleh dokter Tirta Yudhi.

Dokter Tirta protes keras atas sikap Baim Wong tersebut melaluin sebuah video yang diunggah di akun TikTok.

Dokter Tirta menilai, resiko Baim Wong sebagai YouTuber yang kerap memberikan uang kepada rakyat miskin. Maka tak heran jika ada mengikutinya dan meminta belas kasihan darinya.

“Gini bosque, kalo kamu buat konten yang suka bagi-bagi uang terus dikontenin kayak gitu, akan banyak orang yang ngikutin dirimu. Karena berharap ya kan, berharap spam komen spam DM, mungkin nyamperin rumah atau nyamperin toko,” ucap dokter Tirta.

Dokter Tirta mengingatkan Baim Wong soal etika. Pasalnya, aksi marah-marah Baim Wong itu dijadikan konten di YouTube dan ditonton banyak orang.

“Nah kalo ada orang yang ngikutin, kalo sampeyan nggak suka ya tinggal tegur. Kalo sampeyan mau viralin orangnya ada etikanya di-blur, negur tapi tidak sampe mempermalukan karena bahaya kecuali memang niat dalam hati memang sengaja ngontenin,”ujar dokter Tirta.

Menurut pengakuan Dokter Tirta, dia juga pernah didatangi oleh orang-orang asing. Bahkan ia sering mendapat WhatsApp orang-orang yang minta bantuan. Tapi hal itu tak membuat dokter Tirta mempermalukan mereka.

“Kaya gue, gue nggak suka toko gue disamperin 4 sampai 5 kali ada orang sperti itu. Gue tolak secara halus. Kalo udah keterlaluan, WhatsApp telemedicine yang biasa buat pasien, dijapri, gue sensor nomernya, gue sensor profil picture-nya. Karena gue mau ngingetin, bukan mempermalukan. Itu dua hal yang sangat berbeda. Semoga dipahami buat yang buat konten kayak gituan,” tutupnya. (Fin.co.id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan