Pecundangi Taiwan, Indonesia Lolos ke Ronde 3 Kualifikasi Piala Asia 2023

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpesan kepada pemain agar tidak cepat puas karena menyadari lawan lebih berat nantinya. ’’Terus kerja keras, bermain maksimal, jaga kekompakan, dan ikuti instruksi pelatih di lapangan,’’ ujarnya.

PSSI berharap timnas Indonesia mengikuti jejak timnas putri yang lebih dulu lolos ke Piala Asia 2023. ’’Kami tentu akan mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi meraih prestasi skuad Garuda,’’ katanya.

Babak kualifikasi Piala Asia 2023 digelar tahun depan yang diikuti 24 tim dan dibagi enam grup. Setiap grup diisi empat tim dengan rencana format kandang dan tandang. Juara grup dan lima runner-up terbaik akan mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Sementara itu, kompetitor Indonesia untuk merebut tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2022 kembali berkurang setelah Federasi Sepak Bola Tiongkok (CFA) menyatakan skuad U-22 mundur. Pengumuman itu disampaikan CFA melalui media sosial Weibo kemarin.

Pengunduran diri itu disebabkan Tiongkok berkaca dari pengalaman yang didapat timnas wanita Korea Selatan kala melakoni pertandingan kualifikasi Piala Asia Wanita di negara tetangga Tajikistan, Uzbekistan. Ketika pulang ke negaranya, dua pemain dan satu staf dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan di Tajikistan dianggap terlalu longgar. Sebab, di saat bersamaan, Tajikistan juga menjadi tuan rumah pertandingan grup B. Tajikistan tidak menempatkan tujuh negara di hotel berbeda. Mereka hanya menyediakan tiga hotel untuk tujuh negara tersebut.

Di samping penginapan, jadwal penerbangan menjadi kendala. Pasalnya, penerbangan langsung dari Tajikistan ke Tiongkok hanya sekali dalam satu pekan dan itu dianggap terlalu lama.

Bila menggunakan alternatif lain, skuad Tiongkok U-22 harus transit terlebih dulu di negara lain. Hal itu dianggap berseberangan dengan kebijakan pemerintah Tiongkok yang sedang mencegah persebaran Covid-19.

Keputusan Negeri Tirai Bambu untuk tidak tampil membuat grup G kini hanya menyisakan timnas Indonesia U-23 dan Australia. Sebelum Tiongkok, Brunei Darussalam sudah mengundurkan diri pada 9 September lalu. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan