Camat Limo Sebut Kerugian Akibat Bencana di Wilayahnya Capai Ratusan Juta

DEPOK – Akibat angin kencang disertai hujan deras baru-baru ini di Kota Depok, sejumlah bangunan di kawasan Kecamatan Limo mengalami rusak parah. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Banyak rumah warga yang rusak akibat bencana tersebut. Di Kelurahan Krukut terdapat 21 rumah rusak berat ditambah dua musala di Kecamatan Limo. Selanjutnya, kerusakan berat juga terjadi pada 22 rumah yang terletak di Kelurahan Grogol. Jadi jumlah keseluruhan rumah warga ditambah fasilitas umum yang rusak sebanyak 45 unit,” ungkap Camat Limo, Sudadih, Selasa (12/10).

Menurutnya, laporan tentang kerugian materiil akibat bencana tersebut telah dilaporkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar para korban bencana segera mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Jadi total 45 rumah ditambah fasilitas umum yang rusak itu sudah disampaikan kepada Pemkot Depok melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Depok. Laporan tersebut sampai ke Bappeda belum lama ini,” ujarnya.

Adapun lanjut Sudadih, total kerugian yang diakukan ke Pemkot untuk dana bantuan sebesar Rp 314 juta. Pihaknya mengaku sudah meninjau langsung kondisi kerusakan rumah-rumah warga. Termasuk mencatat apa saja kerugian yang ditimbulkan.

“Berdasarkan hasil pamantauan dan catatan atas kerugian yang timbul dari bencana tersebut, maka total bantuan yang diajukan ke Pemkot untuk dana bantuan perbaikan kerusakan sebesar Rp 314 juta,” paparnya.

Meski begitu, dikatakan Sudadih, bantuan yang akan diberikan kepada keluarga korban tidak dalam bentuk uang tunai, melainkan berupa barang kebutuhan (material) perbaikan bangunan.

“Kebetulan bantuan yang akan diberikan berupa barang yang berkaitan dengan kebutuhan perbaikan bangunan. Jadi tidak dal bentuk uang tunai,” terangnya.

Dia menyebut anggaran bantuan tersebut akan dialokasikan pada Anggaran Biaya Tambahan (ABT) Tahun Kota Depok 2021. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan