Mantap, BUMDes di Kecamatan Tanjungsari Siap Berikan Akses Internet Bagi Warga

SUMEDANG – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mekarsari di Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang berinovasi guna berikan keuntungan dan manfaat bagi warga.

Salah satu yang menjadi inovasi BUMDes Mekarsari di Desa Tanjungsari adalah penyediaan akses internet murah bagi masyarakat.

Direktur BUMDes Mekarsari, Ridwan menyampaikan, penyediaan internet di seluruh Desa Tanjungsari menjadi salah satu prioritas utama untuk segera dirasakan manfaatnya bagi warga.

“Internet sekarang udah jadi kebutuhan, otomatis ada potensi pasar keuntungan,” kata Ridwan kepada Jabar Ekspres saat ditemui di kantor BUMDes Mekarsari, Rabu (6/10).

Dia berujar, dalam sistem pembayaran akses internet tersebut cukup ringan karena memang bertujuan meringankan dan memberikan manfaat bagi warga.

“Kita nanti Rp 120 ribu rupiah untuk satu bulan, lebih murah dari provider di luar sana,” katanya.

Ridwan menjelaskan, inovasi penyediaan internet tersebut bukan tanpa sebab. Hal itu karena di Desa Tanjungsari terbilang minim potensi seperti tak adanya tanah carik.

“Kita manfaatkan apa yang bisa jadi pemasukan, ada pemberdayaan masyarakatnya. Gak harus bergantung dengan desa,” imbuh Ridwan.

Dia menuturkan, penyediaan akses internet nantinya tak hanya dapat dirasakan oleh warga Desa Tanjungsari.

“Harapannya kita ingin desa-desa yang lain juga bisa merasakan internet dari kita. Ya bertahap, tapi jelas,” ucapnya.

Selain bergerak secara mandiri alias tak bergantung dengan dana desa, BUMDes Mekarsari di Desa Tanjungsari juga diketahui tengah mempersiapkan inovasi lain dalam pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) warga melalui internet.

Inovasi tersebut sedang dimatangkan dan rencananya akan bekerjasama dengan pihak Shopee. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan