Syarat Berat Badan Dalam Seleksi Calon Jaksa Adalah Diskriminasi yang Harus Diakhiri

Di luar UU ASN, Indonesia telah meratifikasi Konvensi International Labour Organization (ILO) No. 111 mengenai diskriminasi dalam pekerjaan dan jabatan melalui UU No. 21 Tahun 1999.

Meski kedua UU tersebut tidak secara eksplisit menyebutkan berat dan tinggi badan sebagai diskriminasi, ILO telah mengeluarkan laporan Equality at Work sebagai bentuk lanjutan dari ILO Fundamental Principles at Rights at Work Di dalamnya,

ILO menyebutkan bahwa mendiskriminasikan pekerja yang memenuhi kualifikasi dan dapat melakukan pekerjaan tersebut, berdasarkan berat dan tinggi badan merupakan sebuah bentuk diskriminasi.

Obesitas di Indonesia kian meningkat

Indonesia, seperti kebanyakan negara di dunia, memiliki kenaikan tingkat kegemukan dan obesitas yang cepat.

Kurang lebih 35,4 persen orang dewasa mengalami kegemukan pada 2018, termasuk di dalamnya 21,8 persen orang dengan obesitas.

Ini merupakan kenaikan berlipat dibandingkan dengan 19% kegemukan dan 10% persen obesitas pada 2007.

Obesitas di Indonesia dikalkulasikan dengan nilai BMI yang spesifik terhadap etnis di atas 27.

Masyarakat modern sering kali memiliki miskonsepsi bahwa mereka yang mengalami obesitas memiliki kekurangan dalam diri dan tekad, meski faktor lingkungan dan sosioekonomi berperan sangat penting dalam peningkatan obesitas.

Peningkatan cepat juga khususnya terjadi pada kaum marjinal dan mereka yang berpendapat menengah ke bawah.

Ini terjadi karena mereka kerap kali menjadi sasaran dari komoditas industri (makanan dan minuman) tidak sehat dan tidak memiliki akses kesehatan secara mudah.

Hal ini terjadi di Indonesia sebagai akibat dari tidak ada aturan hukum yang komprehensif untuk mencegah obesitas.

Sampai di Indonesia tidak memiliki aturan cukai , label nutrisi pada kemasan makanan, atau iklan dan promosi sekarang tidak sehat.

Target masyarakat menjadi sasaran sejak kecil karena kurangnya regulasi yang melarang promosi makanan tidak sehat untuk anak-anak dan sekolah.

Penghapusan diskriminasi di negara lain

Ada banyak riset yang menunjukkan bahwa diskriminasi berat badan terjadi dalam setiap tahapan pekerjaan, mulai dari proses rekrutmen dan wawancara hingga perbedaan gaji dan promosi jabatan.

Studi tahun 2016 menemukan bahwa mereka yang kerap dianggap tidak memiliki kualifikasi yang cukup untuk promosi kerja dan posisi pimpinan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan