Disperindag KBB Targetkan 6.750 Pedagang Pasar Jadi Sasaran Vaksinasi

NGAMPRAH – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan sebanyak 6.750 pedagang tradisional yang tersebar di delapan pasar bisa tervaksinasi seluruhnya pada bulan Oktober 2021.

Pasalnya kesadaran dan animo para pedagang untuk divaksin ikut membantu pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 sangat tinggi, sehingga banyak pedagang yang masuk waiting list dalam setiap agenda vaksinasi.

“Secara keseluruhan dari target 6.750 pedagang di pasar tradisional yang jadi target vaksinasi, sekitar 3.400 pedagang sudah divaksin atau sekitar 75%. Makanya saya yakin bulan depan sudah bisa selesai 100 persen,” kata Kepala Disperindag KBB, Ricky Riyadi, Minggu (26/9).

Ricky menyebutkan, jumlah itu adalah pedagang yang divaksin dengan difasilitasi Disperindag dan Dinkes KBB. Tapi banyak juga pedagang yang sudah melakukan vaksinasi secara mandiri atau mendatangi sentra gebyar vaksinasi yang ada di wilayahnya.

“Banyak juga yang sudah divaksin secara mandiri, mungkin sekarang persentasenya bisa mencapai 80-85 persen,” terangnya.

Jika dukungan dari ketersediaan vaksin dan petugas nakes-nya tidak ada kendala, maka percepatan vaksinasi ke pedagang untuk menciptakan herd immunity bisa cepat tercapai.

“Dulu di awal-awal pedagang sempat menolak divaksin, tapi sekarang mereka justru antusias. Itu artinya kesadaran mereka sudah tumbuh, bahwa untuk melindungi transaksi dengan konsumen juga harus aman,” katanya.

Menurutnya pedagang pasar tradisional yang disasar adalah yang dikelola oleh pemda di delapan pasar. Yaitu Pasar Panorama Lembang, Pasar Buah-buahan Lembang, Pasar Cisarua, Curug Agung, Pasar Tagog Padalarang, Batujajar, Cililin, dan Pasar Sindangkerta.

Hari ini, lanjut dia, ada sasaran 1.000 vaksinasi di Pasar Lembang. Kemarin sebanyak 2.000 dosis vaksin juga diperuntukkan bagi 1.500 pedagang gedong lima dan 500 pengunjung pasar.

“Sampai sekarang vaksinasi di pasar terus dilakukan, yang paling banyak memang di Pasar Batujajar, Padalarang, Tagog, Curugagung, dan Lembang,” tandasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan