Rencana Perbaikan RTLH di Cimanggis Akan Direalisasikan Tahun Ini

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya merealisasikan program renovasi Rumah Tak Layak Huni (RTLH) yang semula dijadwalkan akan dikerjakan pada tahun ini.

Adapun total RTLH yang lolos verifikasi setelah dilakukan pengajuan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2020 adalah 1.842 unit yang tersebar di 11 kecamatan dan 63 kelurahan.

Dari total penerima bantuan perbaikan RTLH tersebut, Kecamatan Cimanggis mendapatkan kuota sebanyak 264 unit.

“Sebanyak 264 rumah tak layak huni tersebut tersebar di enam kelurahan. Insya Allah proses perbaikan akan segera dilakukan tahun ini,” kata Camat Cimanggis, Abdul Rahman, Sabtu (25/9).

Enam kelurahan yang menerima bantuan program tersebut di antaranya, Kelurahan Mekarsari sebanyak 53 RTLH l, Kelurahan Harjamukti sebanyak 42 RTLH, Kelurahan Tugu sebanyak 19 RTLH, Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS) 8 RTLH, Kelurahan Curug sebanyak 81 RTLH dan terkahir Kelurahan Cisalak Pasar sebanyak 61 RTLH.

Rahman mengatakan, perbaikan rumah tak layak huni tersebut meliputi perbaikan dinding, atap, lantai dan sanitasi.

“Tujuannya tak lain mendorong tercapainya wilayah Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF) di Kota Depok,” tuturnya.

Ia menambahkan, tiap keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan bantuan anggaran senilai Rp 23 juta. Dana tersebut digunakan untuk melakukan renovasi rumah.

Dia berharap, program bantuan yang sumber anggarannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok itu memberikan manfaat kepada penerima bantuan.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi penerima bantuan,” tutupnya. (Mg2)

Tinggalkan Balasan