Viera Sutra Alam Garut Berinovasi di Tengah Pandemi

Batik Sutra Garut.
Batik Sutra Garut.

 

“Ya sebetulnya karena Tenun Garut ini memang sekarang lagi disenengin oleh customer, terutama pecinta batik dan tenun,” katanya.

Sebagai mitra binaan Telkom, Viera sudah empat kali menerima bantuan modal atau dana bergulir.

“Selain bantuan permodalan, kami juga dibantu dengan berbagai pelatihan, seperti pelatihan membuat pembukuan, pemasaran dan digital marketing.

Viera Sutra Alam memulai usahanya dengan 4 pegawai dengan Alat Tenun Bukan Mesin 1 buah. Setelah menjadi Mitra Binaan PT. Telkom CDSA Garut, kini Viera mempunyai Pabrik sendiri dan memiliki 40 pegawai dari lingkungan sekitar tempat usaha serta mendatangkan bahan baku dari Korea dan Cina.

Kini, usahanya berkembang pesat dan mempunyai konsumen tetap baik lokal maupun mancanegara. Produknya dipakai oleh sejumlah perancang busana papan atas, seperti Oscar Lawalata, Itang Yunaz dan perancang busana dari Perancis.

“Ada fenomena menarik, perancang busana milenial justru yang paling banyak menggunakan produk kami. Mereka menjadikan tenun sutra Garut lebih atraktif ketika digunakan milenial,” ucap Ruda.

Di tengah situasi pandemi seperti ini, Ruda berharap masyarakat bisa membantu para pengrajin yang saat ini sedang mengalami kesulitan. Dengan membeli produk buatan pengrajin diharapkan para pengrajin bisa berproduksi dan tetap bertahan di masa sulit ini.

Tinggalkan Balasan