Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baja Tercanggih, Hanya Ada 2 di Dunia

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik industri baja di Cilegon, Banten, Selasa (21/9). Pabrik tersebut bernama Hot Strip Mill 2 milik PT Krakatau Steel Tbk (KRAS). Pabrik yang memproduksi baja canai panas atau hot rolled coil (HRC) ini menggunakan teknologi 4.0 terbaru di industri baja.

Bahkan, menurut Jokowi, pabrik baja dengan teknologi ini hanya ada 2 di dunia, yakni di Indonesia dan Amerika Serikat.

“Hanya ada dua di dunia, pertama di Amerika Serikat dan yang kedua di Indonesia yaitu di Krakatau Steel,” ujar Jokowi dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (21/9).

Jokowi memaparkan, pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi HRC sebesar 1,5 juta ton per tahun. Pabrik tersebut merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium dan tertipis di Indonesia. Produksinya juga akan terus ditingkatkan hingga mencapai 4 juta ton per tahun.

“Saya sudah melihat ke dalam proses produksinya betul-betul memang teknologi tinggi,” ungkapnya.

Jokowi menyebut dengan beroperasinya pabrik baja tersebut, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan baja dalam negeri. Sehingga dapat menekan impor baja. Sebab, saat ini Indonesia menjadi peringkat kedua komoditas impor di dunia.

“Sehingga kita harapkan nanti bisa menghemat devisa hingga Rp 29 triliun per tahun. Ini angka yang sangat besar sekali,” pungkas Jokowi. (jawapos.com)

Tinggalkan Balasan