Keren, Jabar Juara I Nasional Desa Berprestasi 2021

BANDUNG – Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Desa Gudang Kec. Tanjungsari Kab. Sumedang sebagai perwakilan Jawa Barat (Jabar) berhasil menjadi Juara I Nasional Desa Berprestasi pada ajang Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional Ke-XXII Tahun 2021.

Sebelumnya, Desa Gudang ini dengan inovasi alat pengolah sampah organik menjadi biogas (biodigester) komunal dan biodigester portable berhasil masuk 4 (empat) besar. Sehingga mampu mengalahkan finalis dari DKI Jakarta, Riau dan Jateng.

Kepastian juara tersebut diperoleh sesaat setelah pengumuman anugerah pemenang lomba ajang Gelar TTG Nasional 2021 yang diselenggarakan di Gedung Makarti Kemendes PDTT pada Senin (20/9).

Sebagai Juara I Nasional Posyantek Desa Berprestasi pada ajang lomba Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional Ke-XXII Tahun 2021, Posyantek Desa Gudang berhak memperoleh uang pembinaan sebesar Rp. 30 juta.

M. Awaludin, Sang Kreator inovasi biodigester komunal dan biodigester portable tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya saat ditemui di lokasi acara.

“Saya mengucapkan terima kasih atas segala dukungannya selama mengikuti tahapan seleksi Lomba Posyantek Desa Berprestasi,” ucap Awaludin.

“Bimbingan dan dukungan dari pihak Pemkab Sumedang & Pemprov Jabar menjadi motivasi dan inspirasi untuk meraih prestasi ini,” imbuhnya.

Inovasi alat pengolah sampah organik menjadi biogas (biodigester) buatan Desa Gudang yang memiliki nilai ekonomi dan nilai lingkungan memang sangat luar biasa.

Selain bisa diterapkan di lingkungan RW atau tempat-tempat pengolahan sampah dengan kapasitas yang lebih besar, biodigester versi portablenya pun mampu mengolah satu kubik sampah organik untuk skala rumah tangga.

Sehingga mampu mencuri perhatian tim juri, dan pantas menjuarai lomba Gelar Teknologi Tepat Guna.

Sementara itu, Bambang Tirtoyuliono, Kepala DPMD Prov. Jabar yang hadir pada acara puncak Gelar TTG Tk Nasional Ke-XXII , menyampaikan apresiasi atas keberhasilan posyantek Desa Gudang meraih predikat Juara Posyantek Desa Berprestasi.

“Atas nama pribadi & Pemprov Jabar, kami sampaikan ucapan selamat kepada posyantek Desa Gudang,” paparnya.

“Semoga keberhasilan hari ini akan menjadi penyemangat untuk berkreasi & berinovasi. Menciptakan lebih banyak lagi inovasi teknologi tepat guna yang murah dan mudah diterapkan di masyarakat” tandasnya lagi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan