Dukung Hybrid Learning, SMP Negeri 1 Cimanggung Luncurkan Nesaci TV

SUMEDANG – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau yang lebih dikenal belajar dalam jaringan (daring) saat ini sudah dilakukan di sebagian besar sekolah hingga perguruan tinggi di Tanah Air.

Hal itu disebabkan karena pendidikan harus tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19. Bukan tanpa alasan, itu mesti dilakukan guna meminimalisir penyebaran virus, maka sistem belajar secara online pun dilakukan.

Terkait hal tersebut, SMP Negeri 1 Cimanggung, Kabupaten Sumedang meluncurkan Studio Hybrid Learning sesuai arahan bupati guna mempermudah pembelajaran secara daring.

Diketahui sebelumnya, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir sempat menyampaikan, Studio Hybrid Learning dibuat dalam rangka mempermudah pembelajaran daring, sehingga para guru dapat leluasa dan nyaman menyampaikan materi pembelajaran kepada para siswa di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cimanggung, Eni Heniwati menyampaikan, terbentuknya Studio Hybrid Learning disambut baik oleh para guru juga siswa.

“Kita bikin studio mini, namanya Nesaci TV, artinya Negeri Satu Cimanggung TV,” kata Eni kepada Jabar Ekspres di lokasi, Senin (20/9).

Diketahui sebelumnya, Nesaci TV dibentuk oleh SMP Negeri 1 Cimanggung pada Agustus 2021 lalu.

Eni menjelaskan, dalam penggunaan studio mini tersebut, dilakukan untuk melancarkan KBM sehingga para guru dan siswa dapat merasakan pembelajaran yang tidak monoton.

“Biar guru juga dapat jiwa mengajarnya, karena ini langsung pakai zoom dengan layar gurunya menerangkan pakai papan tulis. Di sini papan tulisnya digital pakai monitor,” pungkas Eni.

“Jadi guru berasa mengajar tatap muka, karena aktivitasnya gak cuma kirim materi lewat HP, tapi beraktivitas seperti biasanya depan papan tulis. Siswa juga seakan belajar tatap muka, gak monoton,” tambahnya.

Eni menerangkan, walaupun saat ini tengah memanfaatkan kemajuan teknologi dalam KBM, SMP Negeri 1 Cimanggung juga tetap memperhatikan perkembangan siswanya.

“Kita adakan kegiatan guru dan wali kelas datang ke rumah-rumah siswa. Tujuannya selain dapat temu sapa dan lihat perkembangan siswa, juga mensiasati kalau ada siswa yang terkendala dalam pembelajaran daring,” imbuhnya.

Eni berujar, pemecahan solusi bagi siswa SMP Negeri 1 Cimanggung yang tak dapat maksimal mengikuti PJJ.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan