Tips Ciptakan Ruang Multifungsi yang Nyaman di Rumah

JAKARTA – Beraktivitas bersama di rumah selama pandemi membutuhkan upaya dalam menciptakan kehangatan dan kebersamaan para anggota keluarga. Faktor lain yang bisa membangun suasana yang nyaman adalah adanya ruang multifungsi.

Menurut arsitek Ren Katili, sudut ruang rumah yang dijadikan ruang multifungsi semakin dibutuhkan khususnya di masa pandemi untuk tetap mendukung aktivitas dari tiap anggota keluarga selama di rumah saja.

“Ruang multifungsi yang tentram dan nyaman perlu didukung dengan produk yang tepat, karena secara otomatis akan memberikan ketenangan hati para ibu. Ruang multifungsi ini juga bisa dijadikan ruang bermain anak agar mereka tetap bisa berkreasi di masa pandemi saat harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja,” ujar Ren dalam keterangan resmi dari brand cat tembok dari AkzoNobel, Dulux yang diterima pada Minggu (19/9).

Sebagai salah satu bentuk kenyamanan, pemilihan cat dinding dengan kandungan antivirus memiliki banyak manfaat. Bukan itu saja, dengan melapisi dinding dengan cat yang mudah dibersihkan, maka pemiilik rumah, khususnya para ibu, juga mendapatkan ketenangan lebih, karena tidak terus menerus khawatir ketika anak beraktivitas di rumah, dan menjadikan dinding sebagai objek kreasi mereka.

Berikut adalah 5 langkah untuk menciptakan ruang multifungsi yang nyaman di rumah:

1. Ruang yang mengalir
Ini adalah kunci utama agar ruang bisa berfungsi optimal dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya. Oleh karena itu, penentuan di awal ruang apa saja yang akan digabungkan sebaiknya dilakukan, supaya mudah meletakkan perabotan dengan tepat dalam ruang tersebut.

2. Perabot multifungsi
Pilih furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu, yang mudah dipindahkan atau digeser supaya tidak menghabiskan tempat yang ada. Makin sedikit perabotan yang dibeli, akan makin baik.

3. Pencahayaan dan pengudaraan alami
Menurut Ren, ini bagian penting dalam menciptakan ruang multifungsi. Pastikan pencahayaan dan pengudaraan alami yang cukup dalam ruang tersebut karena hal ini baik bagi kesehatan pengguna ruangan mengingat durasi penggunaan dalam ruang multifungsi ini bisa jadi lebih lama dibanding ruang-ruang lain.

4. Perawatan mudah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan