Dari Hobi Pelihara Ikan Koi, Menjadi Bisnis Hingga Meraup Puluhan Juta

SOREANG – Siapa yang tak mengenal ikan Koi, ikan yang satu ini merupakan ikan asal negara Sakura Jepang, yang memiliki ragam corak serta warna yang menawan. Ikan Koi kini banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia, apalagi saat masa Pandemi Covid-19, selain keindahan memelihara ikan koi, ikan tersebut pun dipercaya membawa keberuntungan.

Salah seorang Anggota Satlantas Polresta Bandung, IPDA Deny Fourtjahyanto selain bertugas menjadi abdi negara, dia pun memiliki hobi memelihara ikan koi sejak 6 tahun lalu. Saat ini, Deny fokus melakukan keeping atau pembesaran ikan koi.

Menurutnya, bermula dari hobi, Deny hanya memiliki beberapa ekor ikan koi untuk mengisi kolam dihalaman rumahnya.

“Mengawali Ikan Koi, mulai harga yang murah, dan kita pun belajar lagi beli ikan koi untuk kualitas show. Kita terus belajar bagaimana caranya keeping atau pembesaran Ikan Koi,” ungkap Deny saat di wawancara, Minggu (19/9).

Setelah itu, Deny pun berteman dengan pecintai Koi lainnya lewat media sosial. Sehingga, dirinya merasa tertarik untuk menekuni hobi memelihara ikan koi.

“Saya pun pernah mengikuti kontes Koi ke sejumlah lokasi, dan Alhamdulillah meraih tropi saat mengikuti kontes setelah enam bulan awal fokus merawat ikan Koi,” kata Deny.

Saat ditanyakan jenis ikan Koi, Deny pun menjelaskan, Koi dibedakan dari warna, pola dan ukuran. Menurutnya, ada beberapa unsur warna pada ikan Koi, yaitu warna putih, hitam, merah, kuning, biru, serta krem. Dan untuk koi yang paling banyak dikenal adalah jenis Gosanke.

“Ada beberapa jenis Koi yang dipelihara di Fourt Koi Center ini, antara lain jenis Gosanke, Shusi, Ochiba, Tcho, Kujaku, Shiro dan Doitshu. Sementara untuk Koi dengan kualitas tertinggi yaitu Jenis Kohaku,” jelasnya.

Disinggung terkait omset, Deny pun mengaku, omset yang didapat tergantung pada para penggemarnya. Kalau dipukul rata, omset yang didapat mencapai Rp 100 Juta perbulannya dalam kondisi kotor. Namun, kata dia, perna mencapai angka tertinggi yaitu Rp 50 juta perhari.

“Meski omset mencapai puluhan juta perbulannya. Tetapi, di Fourt Koi Center ini terdapat 10 kolam untuk pemeliharaan koi, sehingga untuk pemeliharaan kita mengeluarkan biaya Rp 15 juta hingga Rp 20 juta perbulannya,” kata Deny.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan